Balai Ternak BAZNAS Gresik Produksi Pakan Komplet

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 25/11/2021
  • Balai Ternak BAZNAS Gresik Produksi Pakan Komplet


    Balai Ternak Gresik menyiapkan pakan komplet (complete feed) untuk mengatasi pakan hijauan untuk memenuhi kebutuhan pakan harian, Minggu (21/11). Pakan sangat menentukan produktivitas ternak, jika tidak tersedia dapat menimbulkan stres dan mengakibatkan ternak rentan terhadap berbagai penyakit.

    Pakan komplit merupakan teknologi formulasi pakan yang mencampur bahan-bahan pakan, seperti limbah pertanian yang dicampur dengan konsentrat. Selain itu, complete feed juga mengandung gizi yang cukup serta menghemat biaya dan tenaga peternak.

    Dalam membuat pakan tersebut, peternak sudah mempersiapkan bahan-bahan dalam jumlah yang cukup banyak. Adapun bahan bahan yang telah disiapkan antara lain kulit kopi sebanyak 8 ton, rendeng kedelai sebanyak 6 ton, bungkil sawit sebanyak 1 ton, garam sebanyak 2 ton, slamper jagung sebanyak 1 ton, tetes gula sebanyak 1 ton, dan bekatul sebanyak 3 ton.

    Pendamping Balai Ternak, Muhtarur Rofik menjelaskan, bahan-bahan pakan tersebut didapat dari berbagai kota seperti Malang, Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan. Saat ini banyak supplier bahan pakan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pembuatan pakan komplit.

    Complete feed yang dibuat nantinya selain digunakan sebagai tambahan pakan internal, juga sebagai produk yang akan dikembangkan oleh Balai Ternak untuk memenuhi permintaan pasar di sekitar Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik.

    Harapannya dengan adanya produk complete feed ini dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak sehingga meningkatkan produktivitas dan gizi ternak, serta menambah pendapatan peternak di Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT