Balai Ternak BAZNAS Bogor Bentuk Koperasi Produsen Berkah Jaya Cimande

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 24/08/2021
  • Balai Ternak BAZNAS Bogor Bentuk Koperasi Produsen Berkah Jaya Cimande


    Balai Ternak BAZNAS Bogor pada Selasa (24/8) secara resmi telah memiliki kelembagaan lokal berbentuk Koperasi Produsen Berkah Jaya Cimande melalui SK dari Kemenkumham RI dengan nomor AHU-0010431.AH.01.26.TAHUN 2021. Pembentukan kelembagaan lokal koperasi ini merupakan salah satu upaya mengembangkan jaringan pasar dan membuka kerjasama yang lebih luas lagi dari unit usaha yang telah dikelola oleh peternak.

    Koperasi Produsen Berkah Jaya Cimande yang dibentuk ini akan bergerak di bidang usaha produksi, distribusi, pengolahan, pemasaran, dan sarana produksi peternakan serta produk turunan peternakan. Dengan mengelola berberapa unit usaha yang sebelumnya telah dimiliki oleh Balai Ternak BAZNAS Bogor seperti penggemukan domba, pembiakan domba, produksi pupuk organik, aqiqah, budidaya ikan, usaha kuliner sate kabita, dan budidaya sayuran.

    Pendamping program, Sunarya, menyampaikan tujuan dari pembentukan Koperasi Produsen ini agar dapat memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi peternak mustahik sebagai anggota koperasi dengan cara menekan biaya produksi serendah-rendahnya, dan menjual produk dengan harga yang kompetitif. Selain itu koperasi akan menjadi sarana untuk memudahkan anggota mengakses bahan baku dan pemasaran produk.

    “Melalui berdirinya koperasi atau kelembagaan berbadan hukum ini bisa membuka akses kerja sama dengan pihak luar baik instansi pemerintah maupun korporat serta meningkatkan kepercayaan konsumen dalam penjualan hasil produksi dan tentunya ini semua untuk kesejahteraan anggota kelompok koperasi,” ucap Sunarya Menambahkan

    Pembentukan koperasi produsen di Balai Ternak BAZNAS Bogor ini tidak terlepas dari intervensi, advokasi, dan pendampingan yang dilakukan BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM). Koperasi menjadi salah satu aspek kemandirian yang diharapkan dari Balai Ternak selain kemandirian secara ekonomi dan mental spiritual. Selain itu koperasi ini juga menjadi salah satu persiapan dari Balai Ternak BAZNAS Bogor mempersiapkan fase kemandirian program pada tahun ketiga pengembangan program.

    Kepala LPPM BAZNAS, Ajat Sudarjat, menambahkan bahwa terbentuknya koperasi akan mempermudah Balai Ternak menjalin kerja sama dengan pihak luar dalam mengembangkan usahanya. Hal ini tentunya bisa meningkatkan pendapatan usaha yang bisa dinikmati oleh para peternak mustahik.

    Sebagai informasi, Balai Ternak BAZNAS Bogor merupakan salah satu balai ternak yang memiliki banyak unit usaha yang dikembangkan oleh 2 Kelompok Peternak, dengan total 47 orang peternak mustahik. Dengan kehadiran koperasi produsen ini dapat mengantarkan peternak mustahik menjadi berdaya.

    #BalaiTernak
    #GerakanCintaZakat
    #Pemberdayaan Peternak

>
BAYAR ZAKAT