BAZNAS Gelar Bedah Buku Kupenuhi Panggilan Kiblat Ilmu

  • Diposting oleh : Beasiswa Pendidikan
  • Tanggal : 21/07/2021
  • BAZNAS Gelar Bedah Buku Kupenuhi Panggilan Kiblat Ilmu


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan dan membedah buku “Kupenuhi Panggilan Kiblat Ilmu”, sebuah buku yang menceritakan kisah perjuangan para peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS di Universitas Al Azhar, Mesir, Rabu (21/7).

    Bedah buku dilakukan secara daring via Zoom Meeting dan dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan, MA.; Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS, Sri Nurhidayah; penulis ternama Habiburrahman El-Shirazy; dua peserta BCB Al Azhar sebagai narasumber, Husni Ahmad Mubarok dan Ida Nur Lailatul; serta 73 peserta umum.

    Secara umum, buku ini menceritakan kisah inspiratif dan perjalanan para siswa Beasiswa Cendekia BAZNAS hingga berhasil menuntut Ilmu hingga ke Universitas Al Azhar, Mesir.

    “Kami memberikan apresiasi atas karya terbaik yang dituliskan oleh para mahasiswa dalam sebuah buku. Diharapkan para peserta beasiswa merupakan meneruskan estafet ‘Ashabul Jawiyyin’, sebuah tradisi intelektualitas ulama nusantara beserta karya-karyanya yang fenomenal dan diakui dunia,” ujar Saidah Sakwan dalam sambutannya.

    Habiburrahman El-Shirazy, yang biasa disapa Kang Abik turut memberikan apresiasi kepada para mahasiswa atas keberhasilannya menerbitkan sebuah buku. Menulis adalah salah satu kebiasaan yang Kang Abik lakukan juga semasa kuliah di Universitas Al Azhar dulu. Dia menegaskan bahwa karya tersebut bukanlah akhir, namun justru awal menuju perjalanan berikutnya, sehingga para peserta beasiswa diharapkan dapat terus belajar dan melatih menulis dengan istikomah.

    “Teruslah menulis, mulailah mengirim tulisan ke berbagai media, sehingga bakat menulisnya bisa terus terlatih. Jika tulisannya bagus, akan mendatkan insentif dan bisa ditabung atau membeli kitab-kitab yang dibutuhkan selama studi”, ungkap Kang Abik dalam menutup sesinya.

    Di kesempatan bedah buku ini, salah satu peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS, Husni dan Ida menceritakan langsung isi dari buku “Kupenuhi Panggilan Kiblat Ilmu”. Husni, merupakan inisiator yang mengajak 39 peserta beasiswa lainnya menulis. Salah satu motivasinya adalah ingin memiliki karya dan dapat bertemu dan belajar dengan penulis terkenal, yang alhamdulilah hari ini terwujud di dalam satu forum dengan Kang Abik.

    “Harapan saya, sejak sebelum berangkat ke Al Azhar adalah ingin membuat paling sedikit 40 karya/buku. Ini adalah salah satu dari 40 buku tersebut, insyaallah”, ucap Husni.

    Buku ini menceritakan kisah dan inspirasi perjalanan hidup Husni dan Ida, serta 38 peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS di Universitas Al Azhar, Mesir lainnya. Saat ini, para peserta beasiswa tengah memasuki tahun kedua perkuliahan, dan telah berhasil lulus ujian bahasa, Alhamdulillah.

    -------------------------------------
    Yuk berdonasi
    (Zakat , Infaq, dan Sedekah)
    dengan menghubungi
    Contact center BAZNAS
    WhatsApp: 087877373555
    Email : [email protected]
    Dompet Pendidikan BAZNAS
    Bank Mandiri 1220.000.881.881
    BNI Syariah 928.407.773
    a.n. BAZNAS

>
BAYAR ZAKAT