BAZNAS Dorong Peningkatan Omzet Pelaku UMKM Lewat Program Dapur Kuliner Nusantara di Pandeglang

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 25/11/2021
  • BAZNAS Dorong Peningkatan Omzet Pelaku UMKM Lewat Program Dapur Kuliner Nusantara di Pandeglang


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui sinergi bersama dengan BAZNAS Provinsi Banten dan BAZNAS Kota Pandeglang memberdayakan pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor kuliner sebagai mitra produksi dalam program Dapur Kuliner Nusantara (DKN) pada 18-21 November 2021. Program DKN ini melibatkan warung makan yang omzetnya sehari-hari terdampak pandemi, untuk memproduksi paket makanan yang nantinya akan didistribusikan kepada penerima manfaat yang membutuhkan.
     
    Sebanyak 13 warung makan di wilayah Pandeglang dilibatkan untuk memproduksi 2.500 porsi hidangan kepada 1.250 penerima manfaat yang tersebar di 12 pondok pesantren. Seluruh warung yang dilibatkan sebagai mitra produksi, rata-rata mengalami penurunan omzet hingga 50 persen dibandingkan sebelum masa pandemi.

    Salah satunya adalah Susi Nuraviyani, salah satu seorang pelaku usaha kuliner Warung Berkah, yang dilibatkan menjadi mitra produksi. Awalnya ia memiliki kapasitas produksi per hari sebanyak 40 porsi namun semenjak pandemi menurun hingga 25 per hari. Hal ini mengakibatkan penurun yang awalnya memiliki omzet sebesar Rp1.000.000, lantas menurun drastis hingga Rp500.000.

    Harapannya, kegiatan produksi dan distribusi hidangan DKN ini, dapat meningkatkan omzet dan menguatkan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan.

    Dapur Kuliner Nusantara (DKN) merupakan program pendayagunaan BAZNAS untuk penguatan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan dalam jumlah tertentu. Nantinya didistribusikan kepada para terdampak COVID-19, baik personal maupun kelompok atau lembaga. Distribusi paket makanan yang dimaksud, dilakukan kepada masyarakat terdampak COVID-19, antara lain pasien isoman, tenaga kesehatan (nakes), masyarakat rentan, para santri pondok pesantren, dan masyarakat lainnya yang terdampak.

    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance

>
BAYAR ZAKAT