BAZNAS Tanggap Bencana Ikuti Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan Provinsi DKI Jakarta

  • Diposting oleh : Tanggap Bencana
  • Tanggal : 14/10/2021
  • BAZNAS Tanggap Bencana Ikuti Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan Provinsi DKI Jakarta


    Sebanyak 18 personel BAZNAS Tanggap Bencana Pusat dan 20 personel BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, Rabu (13/10). Apel berlangsung di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, dan dihadiri 1.400 orang perwakilan dari 87 lembaga yang terdiri dari lembaga pemerintah dan non pemerintah yang terlibat dalam penanganan banjir di Provinsi DKI Jakarta.

    Tim BAZNAS hadir sebagai peserta apel dan mendirikan dapur air yang menyediakan minuman serta makanan ringan untuk para peserta apel.

    Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai pemimpin apel menekankan tentang upaya antisipasi menghadapi cuaca ekstrem.

    "Ibu kota kita, Jakarta, secara topografis berada di daratan yang rendah. Posisi kita memang rendah. Ada tiga front yang harus kita hadapi bersama dalam penanganan banjir di DKI Jakarta. Front pertama adalah banjir rob yang bisa terjadi di kawasan pesisir utara Jakarta. Front kedua adalah sisi selatan Kota Jakarta yang merupakan kawasan pegunungan dan dilewati 13 aliran sungai. Front ketiga adalah potensi hujan lebat di dalam kota. Anies menuturkan perubahan iklim menyebabkan terjadinya hujan lebat hingga ekstrem meskipun durasi hujannya sebentar.," kata Anies.

    Anies pun berpesan pada para personel gabungan untuk bersiap siaga, bisa saja kemungkinan ketiga front tersebut kita hadapi di waktu bersamaan.

    Setelah pelaksanaan apel, Anies Baswedan bersama beberapa personel BPBD DKI Jakarta meninjau seluruh kendaraan operasional dan peralatan penunjang dalam penanggulangan terjadinya bencana milik 87 lembaga yang mengikuti apel. Harapannya apel kesiapsiagaan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan di Provinsi DKI Jakarta.

>
BAYAR ZAKAT