BAZNAS Kerahkan Tim Respon Bantu Proses Evakuasi Korban Longsor Kabupaten Bogor

  • Diposting oleh : Tanggap Bencana
  • Tanggal : 27/06/2022
  • BAZNAS Kerahkan Tim Respon Bantu Proses Evakuasi Korban Longsor Kabupaten Bogor


    Badan amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada Kamis (23/6) telah mengerahkan tim respon di lokasi longsong Kecamatan Bogor. Tim respon berjumlah lebih dari 10 orang ini terdiri dari BAZNAS Tanggap Bencana RI, BAZNAS Tanggap Bencana Kota Bogor, BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat, dan Pokja Kampung Tanggap Bencana Desa Cibunian.

    Sejak Kamis (23/6) sore tim respon BAZNAS telah bergabung bersama tim SAR gabungan untuk melakukan evakuasi korban hilang akibat longsor yang terjadi pada Rabu (22/6). Selain evakuasi korban, tim respon juga melakukan aksi resik pada Jumat (24/6) di 2 titik, yaitu pembukaan jalan tertimbun longsor di Kampung Tanjung Sari Pojok, dan Desa Cisarua Kecamatan Leuwiliang. Dapur Air juga didirikan oleh ibu-ibu dari Pokja Kampung Tanggap Bencana, Dapur air ini didirikan untuk memberikan minuman dan makanan ringan kepada para tim SAR gabungan, relawan, serta masyarakat yang bergotong royong melakukan aksi resik serta evakuasi.

    (aksi resik pembersihan lingkungan rumah dan akses jalan warga)

    (layanan dapur air oleh pokja Kampung Tanggap Bencana Desa Cibunian)

    (membantu mobilisasi warga desa)

     

    Korban hilang ditemukan pada Sabtu (25/6), korban hilang tertimbun longsor atas nama Bapak Umar Bin Ahmad (27thn) warga desa Kampung Muara 1 RT 01/RW 01 Desa Cibunian. Setelah pencarian korban, aksi resik masih dilakukan untuk membuka akses jalan dan membantu para warga yang rumahnya terdampak lumpur dari longsor dan banjir bandang.

    Sekedar informasi pada Rabu (22/6) malam, longsor terjadi di Kecamatan Leuwiliang dan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Sebelumnya tim pokja Kampung Tanggap Bencana Desa Cibunian melakukan asesmen cepat dan melaporkan kepada tim BAZNAS Tanggap Bencana. Mari sama-sama kita doakan agar kondisi segera membaik dan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitasnya seperti sediakala.

>
BAYAR ZAKAT