BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Ikuti PKP Dinas Kesehatan Kota Depok

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 05/10/2021
  • BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Ikuti PKP Dinas Kesehatan Kota Depok


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mendampingi mustahik pelaku usaha makanan ringan mengikuti penyuluhan keamanan pangan (PKP) yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, secara online melalui aplikasi Zoom.

    PKP termasuk tahapan dalam pengajuan SPP- PIRT (Sertitikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). PKP berguna sebagai pengingat bagi pelaku usaha untuk menumbuhkan kesadaran dan motivasi tentang pentingnya pengolahan pangan yang hiegienis dan bertanggung jawab terhadap keselamatan konsumen.

    Sebanyak 9 anggota kelompok Ben Mulyo Amanah binaan LPEM BAZNAS yang berlokasi di Sawangan, Depok, mengikuti rangkaian acara yang difasilitasi pendamping program dan sebagian anggota mengikutinya melalui online.

    Acara diawali dengan pengisian absensi kehadiran, dilanjutkan dengan pre-test dan mendengarkan pemaparan dari pembicara pada kegiatan PKP dengan materi tentang peraturan UU IRTP (Undang-undang Industri Rumah Tangan Pangan), BTP (Bahan Tambahan Pangan), kemasan & label pangan, CPPB (Cara Produksi Pangan yang Baik), SOP (Standar Operasional Prosedur), hingga pedoman pemberian SPP-IRT. Acara diakhiri dengan pengisian post-test.

    Sulastri (52) salah satu anggota kelompok Ben Mulyo Amanah mengungkapkan bahwa pendampingan program sangat menambah wawasan bagi pelaku usaha.

    "Alhamdulillah selain menambah wawasan dengan didampingi juga meningkatkan point dari post-test," ujar Sulastri.

    Selanjutnya seluruh peserta PKP diharuskan untuk melengkapi berkas yang telah direvisi. Serta adanya mustahik mengikuti PKP tersebut untuk menambah insight, effort dalam memiliki legalitas PIRT, dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun calon customer dari mustahik tersebut.

>
BAYAR ZAKAT