BAZNAS Dampingi Mitra Mustahik dalam Proses Pengurusan Sertifikasi Halal

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 13/10/2021
  • BAZNAS Dampingi Mitra Mustahik dalam Proses Pengurusan Sertifikasi Halal


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program BAZNAS Microfinance memberi pendampingan mitra mustahik dalam pengurusan sertifikasi halal. Hal ini menjadi salah satu unsur penting dalam usaha karena adanya logo halal yang sah pada kemasan menjadi bentuk jaminan keamanan dan menjaga kepercayaan konsumen.

    Salah satu produk mitra mustahik BMD Sawojajar yang saat ini sedang difasilitasi pengurusan seritifikasi halal adalah produk milik Atim Hayati dengan merk dagang NANAF yang sebelumnya telah didampingi terkait proses pelatihan, administrasi, dan kelengkapan berkas lainnya semenjak Agustus 2021. NANAF merupakan produk kue kering seperti brownies kering, kastangel, kue kacang, puteri salju, dan nastar cokelat.

    Manajer BMD Sawojajar, Suci, menjelaskan bahwa saat ini proses pengurusan sudah sampai tahapan auditor tahap selanjutnya. Pada tahapan ini tim BMD Sawojajar mendampingi mitra mustahik dalam tindak lanjut pelengkapan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dari hasil auditor sertifikasi halal tahap sebelumnya.

    Pelaksanaan audit merupakan proses pemeriksaan penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang mencakup 11 kriteria SJH sebelum hasil audit dibahas dalam rapat auditor dan dilakukan uji sampel bahan/produk melalui analisis laboratorium.

    Harapannya dengan diperolehnya sertifikat halal, mitra mustahik dapat dengan mudah dalam memasarkan produknya. Selain itu, adanya sertifikat halal juga diharapkan mampu membuat konsumen lebih merasa aman sehingga lebih tertarik untuk membeli.

    "Tak hanya itu, dengan adanya sertifikat halal nantinya produk mitra dapat dengan mudah untuk bekerja sama dengan pihak ketiga dalam memasarkan produk dan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli karena sudah memiliki sertifikat halal," pungkas Suci.

    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance
    #BMDSawojajar

>
BAYAR ZAKAT