BAZNAS Bersama Fakultas Peternakan Universitas Andalas Perkuat Kapasitas Peternak di Tanah Datar

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 18/11/2021
  • BAZNAS Bersama Fakultas Peternakan Universitas Andalas Perkuat Kapasitas Peternak di Tanah Datar


    Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Tanah Datar merupakan titik baru dari program pemberdayaan peternak yang akan dikembangkan oleh BAZNAS. Program Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Tanah Datar fokus kepada Pembibitan Kambing Unggul Boerka Galaksi Agrinak. Hal ini tentunya melihat dari potensi dalam permintaan pemenuhan daging potong di Sumatera Barat dan sekitarnya.

    Kegiatan Balai Ternak Tanah Datar saat ini memasuki tahap pelatihan dasar peternak (PDP) di Nagari Balimbiang. Kegiatan pelatihan ini bekerja sama dengan tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang dengan agenda fasilitasi pendirian kelompok peternak kambing. Kegiatan dilakukan dengan membagi 2 sesi pagi dan siang dengan tiga titik lokasi pelatihan, yaitu di Jorong Bukit Tamasu, Jorong Padang Pulai dan Jorong Sawah Kareh, dan dihadiri oleh 30 orang peternak mustahik.

    Tujuan diadakannya pelatihan yaitu untuk menambah wawasan peternak mustahik dalam menjalankan usaha peternakan dan menambah wawasan tentang cara berorganisasi. Materi yang disampaikan terdiri dari pengenalan kelembagaan BAZNAS dan motivasi, teknis manajemen pemeliharaan ternak seperti kesehatan, reproduksi, dan pakan, dan pengenalan teknis berkelompok.

    Materi tersebut disampaikan oleh Pendamping Program Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar dan Perwakilan dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

    Setelah diadakan pelatihan dasar peternak ini, pengembangan Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Tanah Datar akan dilanjutkan dengan proses pendampingan, pembentukan kelompok, pengadaan hewan ternak dan kandang, serta pengembangan usaha ternak lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dasar ini bisa menjadi bekal bagi peternak dalam meningkatkan motivasi serta pengetahuan dalam beternak.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #LPPMBAZNAS
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT