BAZNAS Bantu Usaha Mustahik Miliki Legalitas SPP-IRT

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 08/01/2022
  • BAZNAS Bantu Usaha Mustahik Miliki Legalitas SPP-IRT


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya meningkatkan legalitas produk usaha mustahik binaan. Salah satunya kepada produk kentang pencok “Mbak Niniek” milik Dite Kurniawati (66) yang kini memperoleh (SPP-IRT) Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dari Dinas Kesehatan Kota Jakarta Timur.

    Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) merupakan jaminan tertulis yang diberikan oleh Bupati/Walikota melalui Dinas Kesehatan terhadap pangan hasil produksi Industri Rumah Tangga yang telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan tertentu, dalam rangka produksi dan peredaran produk pangan.

    Pendamping Program Mustahik Pengusaha, Anwar Sugandi yang mendampingi usaha kentang pencok “Mbak Niniek”, mengatakan bahwa dengan diperolehnya SPP-IRT ini, akan menguatkan produk-produk dihasilkan oleh mustahik binaan BAZNAS memiliki mutu yang tinggi.

    “Dengan dimilikinya SPP-PIRT menandakan produk kentang pencok “Mbak Niniek” memiliki kualitas dan mutu terjamin untuk dikonsumsi masyarakat. Setelah ini, selanjutnya kentang pencok “Mbak Niniek” akan didorong untuk memiliki sertifikasi halal," ujar Anwar.

    Dalam kesempatan yang sama, Dite Kurniawati, menjelaskan proses yang telah dilakukan mendapatkan PIRT merupakan sebuah proses panjang melewati beberapa tahap selanjutnya.

    “Alhamdulillah, setelah melalui beberapa tahap dari mulai Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), melengkapi administrasi, kunjungan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk diuji kesesuaian keamanan pangan. Kentang Pencok “Mbak Niniek” kini sudah memiliki SPP-IRT. Selanjutnya saya akan memasarkan ini ke toko-toko swalayan yang mensyaratkan SPP-PIRT untuk memasarkan produk di toko mereka. Semoga dengan meluasnya pemasaran ini, bisa meningkatkan penghasilan kentang pencok," kata Dite.

    Produk Kentang Pencok “Mbak Niniek” merupakan salah satu produk unggulan dari Program Mustahik Pengusaha. Program Mustahik Pengusaha adalah program pemberdayaan ekonomi untuk mustahik produktif yang akan menjalankan usaha atau sudah menjalankan usaha dari berbagai jenis produk. Dari kategori usahanya program ini bertujuan mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

    Badan Amil Zakat Nasional
    Pilihan Pertama Pembayar Zakat
    Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LPEM
    #MustahikPengusaha

>
BAYAR ZAKAT