BAZNAS Bantu Mustahik dalam Mendapatkan Legalitas Usaha

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 30/09/2021
  • BAZNAS Bantu Mustahik dalam Mendapatkan Legalitas Usaha


    Siti Masitoh (25) merupakan salah satu mustahik program BAZNAS Millennial Preneur (BMP) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Cikunir, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Siti adalah pemilik produk "Kebab Chips" dan telah mendapatkan pengembangan usaha sejak Desember 2020 lalu.

    Sebagai bentuk penguatan legalitas usaha pada produk Kebab Chips miliknya, Siti mendapatkan kesempatan dalam program SEHATI (Sertifikasi Halal Gratis) dari Badan Penyuluh Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI.

    Sebagai tindak lanjutnya, Siti tengah mempersiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti pengisian formulir pendaftaran, surat permohonan, legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB), daftar produk dan bahan baku, Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), surat pernyataan, Izin Edar/P-IRT dan foto/video terbaru saat proses produksi.

    Didampingi oleh pendamping program BAZNAS, Arief Wibawa mengungkapkan bahwa saat ini mustahik binaan BAZNAS sedang difokuskan dalam edukasi seputar cara mengisi manual SJPH yang berisikan informasi data perusahaan, bahan baku usaha, manajeman perusahaan, kebijakan halal, mencari data kehalalan bahan baku yang digunakan, diagram alur produksi, matriks bahan baku dan kuesioner auditor internal.

    Manual SJPH ini digunakan sebagai pedoman bagi penyelia halal dan auditor nantinya. Selanjutnya pada awal Oktober mendatang, Siti akan mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) secara online guna memenuhi persyaratan dalam mengurus P-IRT dan dilanjutkan pada pengisian data di aplikasi SIHALAL.

>
BAYAR ZAKAT