"https://baznas.go.id/183"
  • Tanggal : 06/09/2019
  • Diposting oleh : Admin

Jumat, 30 Agustus 2019. Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS memberikan Pelatihan Dasar Peternak (PDP) Mustahik di Desa Lhoh Puuk Kec.Panteraja Kab.Pidie Jaya-Aceh. PDP merupakan suatu usaha pemberian motivasi dan pemahaman peternak tentang pengenalan program, dan aturan main selama bergabung dengan program Balai Ternak.       

Manfaat dari kegiatan PDP adalah:

Memberikan pemahaman kepada calon peternak mustahik tentang gambaran keseluruhan program LPPM dan BAZNAS secara filosofis, strategis dan teknis.

Membina budaya disiplin.

Mengakrabkan sesama peternak dan pendamping.

Menumbuhkan rasa kepemilikan peternak terhadap program dengan baik berarti mereka berpeluang bagi mereka sendiri untuk pengembangan usaha dan juga bagi orang lain terutama dalam satu kelompok peternak.

Kelompok yang berkualitas akan memberikan kekuatan pada organisasi.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan Dayah, kepala desa, tokoh masyarakat dan 20 anggota Peternak Mustahik. Materi yang diberikan saat PDP diantaranya teknik dasar peternak, persiapan lokasi Balai Ternak, pembangunan sarana prasarana, pakan, composting, produksi dan penyakit pada ternak.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembentukan kelompok dengan nama kelompok Tuah Guree Lhok Puuk dilanjutkan dengan pemilihan ketua kelompok, sekretaris dan bendahara dan ditutup dengan doa oleh salah satu anggota peternak mustahik.

"Alasan Balai Ternak Pidie Jaya memberikan nama kelompok Tuah Guree Lhok Puuk, karena nama ini memiliki arti Petuah, Kebaikan, Kemuliaan dari Guru". Ujar Nasir Pendamping Peternak

Harapan kami semoga Balai Ternak Pidie Jaya yang baru saja dibentuk ini dapat bermanfaat. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan serta pengetahuan khususnya terkait peternakan bagi peternak-peternak di wilayah tersebut. Terimakasih Muzaki, zakat yang disalurkan melalui BAZNAS kini bisa kami salurkan sebagai bantuan Balai Ternak di wilayah Pidie Jaya.

#lppmbaznas

#zakattumbuhbermanfaat