Di tengah hiruk pikuk persoalan sosial, ekonomi dan politik yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, alhamdulillah ada kabar menggembirakan dimana BAZNAS, bersama dengan Bursa Efek Indonesia dan Bank BTPN Syariah, menerima penghargaan Global Islamic Finance Awards (GIFA) 2019 yang tahun ini penyelenggaraannya dilaksanakan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 16 September 2019 lalu. Ini adalah kali kedua BAZNAS mendapatkan penghargaan GIFA Awards, setelah tahun lalu BAZNAS meraih GIFA Awards 2018 dalam kategori zakat management yang diselenggarakan di Sarajevo, Bosnia.

Dalam GIFA Awards 2019 ini BAZNAS mendapatkan dua kategori penghargaan sekaligus, yaitu The Best Zakat Distribution Programme dan GIFA Humanitarian Award. Diraihnya penghargaan ini karena dewan juri GIFA Awards memandang bahwa inovasi dan terobosan program BAZNAS sangat kreatif, menarik dan terukur, baik pada program pendistribusian maupun pendayagunaan zakat. Pendistribusian zakat adalah kegiatan penyaluran zakat yang bersifat jangka pendek, konsumtif, dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan mendesak yang sangat mendasar bagi para mustahik. Sementara pendayagunaan zakat adalah kegiatan penyaluran zakat yang bersifat jangka panjang, produktif dan memberdayakan mustahik, serta berorientasi pada upaya mentransformasikan mustahik menjadi muzakki. Paling tidak, ada empat hal yang terus dikembangkan BAZNAS dalam rangka meningkatkan kualitas pendistribusian dan pendayagunaan zakat ini.

Perwakilan BAZNAS saat menerima GIFA Award 2019

Pertama, peningkatan inovasi program penyaluran zakat melalui perluasan akses modal, produksi dan pasar secara berkelanjutan. Sebagai contoh, dalam mengembangkan program Rumah Batik dan Tenun Indonesia, BAZNAS di samping memberikan modal dan melakukan penguatan kapasitas produksi melalui pendampingan para mustahik, juga mengembangkan akses pasar bagi mereka melalui kegiatan fashion show di beberapa wilayah. Inovasi juga dilakukan dengan memperkuat brand produk mustahik.

Penyerapan produk mustahik juga menjadi salah satu cara untuk mengalirkan uang agar berputar di kalangan mustahik. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan souvenir para peserta konferensi internasional dan pertemuan tahunan World Zakat Forum (WZF) tanggal 5-7 November 2019 mendatang di Bandung, BAZNAS telah memesan produk yang dihasilkan oleh mustahik binaan di Kampung Batik Cibuluh, Kota Bogor. Saat ini terdapat 50 pembatik yang dibina LPEM (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik) BAZNAS di kampung Cibuluh, sebagai salah satu upaya dalam menjadikan kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata batik di tanah air.

Kemudian saat Idul Fitri 1440 H lalu, 100 ton beras hasil produksi petani binaan BAZNAS di Karawang dan Sukabumi, telah dibeli dan digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan beras fitrah warga muslim yang ingin menunaikan kewajiban zakat fitrahnya. Kemudian dalam memfasilitasi kebutuhan kurban, 23 balai ternak BAZNAS yang dikelola LPPM (Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik) BAZNAS menjadi garda terdepan dalam memberdayakan para peternak dhuafa yang ada. Masih banyak contoh lainnya.

Kedua, memperkuat role modelling program-program yang bisa direplikasi oleh BAZNAS-BAZNAS daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Sebagai contoh, dalam merespon bencana yang melanda tanah air, BAZNAS telah mendirikan suatu Lembaga program yang bernama BAZNAS Tanggap Bencana (BTB). BTB didesain untuk secara aktif terlibat dalam upaya merespon bencana yang ada, seperti bencana kebakaran hutan dan lahan yang saat ini terjadi di tanah air. Kebakaran yang melanda saat ini, hingga 21 September 2019, terjadi di 4.410 lokasi dengan luas area terbakar mencapai angka 162.273 ha. Yang dilakukan BTB, selain ikut membantu upaya pemadaman api, juga terlibat dalam menyiapkan rumah ramah asap dan ruang ramah asap di wilayah terdampak. Lembaga BTB inilah yang kemudian direplikasi, dan jaringannya saat ini telah berada di 215 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Contoh role modelling lainnya adalah program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) yang didesain untuk melayani kebutuhan mendesak mustahik. Hingga saat ini, LAB telah direplikasi di sejumlah provinsi, antara lain Jawa Barat dan Yogyakarta. Secara umum, role modelling yang dilakukan BAZNAS mencakup lima pilar utama program penyaluran zakat, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemanusiaan, dan dakwah.

Ketiga, yang dilakukan BAZNAS adalah senantiasa meningkatkan kualitas alat ukur yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi program pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS. BAZNAS telah mengembangkan berbagai alat ukur sendiri yang cocok dengan kebutuhan pengelolaan zakat yang ada. BAZNAS telah mengembangkan beragam indeks untuk memperkuat program yang dilakukannya, seperti Indeks Zakat Nasional, Indeks Kesejahteraan BAZNAS, Indeks Desa Zakat, dan BiWAS (BAZNAS Index for Sustainable Water and Sanitation Hygiene). Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS memiliki peran strategis sebagai lembaga think tank dalam melahirkan beragam kajian strategis ini.

Sedangkan yang keempat, penguatan sinkronisasi program penyaluran zakat dengan isu-isu strategis dunia seperti SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan dan isu-isu sosial kemanusiaan lainnya. Ini sangat penting untuk semakin meyakinkan publik bahwa zakat memiliki peran dalam mencapai SDGs dan menyelesaikan beragam problematika sosial kemanusiaan yang ada. Wallaahu a’lam.

 

Telah dimuat di Rubrik Iqtishodia Harian Republika edisi Kamis 26 September 2019

Penulis adalah Staf Pengajar Dept Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB & Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI

 


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id