Hari Raya Idul Adha sekitar 2 bulan lagi akan datang. Salah satu ibadah yang disunnahkan pada hari Idul Adha dan 3 hari tasyrik setelahnya adalah menyembelih hewan kurban. Namun idul adha kali ini akan terasa berbeda pada masa pandemi Covid-19 yang memberlakukan PSBB tentunya semua pelaksanaan kurban harus menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan menyebarnya Covid-19. BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) menghadirkan BAZNAS Online Class Farming Batch 9 pada Jumat (29/5/2020) membahas tentang “Pedoman Pemotongan Hewan Kurban dimasa Covid-19 dengan menggandeng JULEHA (Juru Sembelih Halal) Indonesia.

Materi disampaikan oleh Ketua JULEHA Indonesia yaitu Muh. Ali Subarkah dan dihadiri oleh 61 peserta dengan moderator Achmad Salman Al Farisy selaku Supervisor Program LPPM BAZNAS. Kelas online ini diadakan melalui pemanfaatan platform youtube BAZNAS TV ini merupakan salah satu upaya BAZNAS untuk memberikan ruang bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat untuk belajar dan beradaptasi di tengah pandemi yang sedang melanda Indonesia.

Dalam pemaparan awalnya, Bapak Ali memnyampaikan bahwa dalam kurban salah satu aspek yang paling penting adalah proses penyembelihan hewan kurban dan tak jarang masyarakat yang menyepelekan aspek hygiene dan sanitasi dalam mengelola proses dari penyembelihan dan pengeolaan daging qurban yang sangat berdampak dengan tingkat kwalitas daging yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal). Apalagi disaat pandemi covid-19 ini aspek kebersihan dan kesehatan harus sangat diperhatikan. Selain itu akan ada perbedaan pelaksanaan kurban pada tahun ini.

“Jelas ada perbedaan pelaksanaan qurban pada umumnya dengan pada masa pandemik Covid-19. kita harus memperhatikan aturan yang berkaitan dengan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini kita coba terapkan dari proses pembelian hewan kurban sampai dengan penyembelihan dan pengelolaan serta pendistribusian daging kurban," ujar Ali.

 

Tanpa mengurangi nilai syiar dari pelaksanaan hari raya Idul Adha di masa pandemi harus memperhatikan beberapa hal seperti :

  1. Pembelian hewan kurban melalui sistem daring dengan penjual yang terpercaya
  2. Hewan sesuai dengan kriteria syarat kurban
  3. Kondisi Hewan yang di jual harus terjamin aspek kesrawannya
  4. Siap melakukan jasa antar
  5. Pembatasan jumlah panitia dan pekerja
  6. Pembatasan sosial dengan membangun shelter penyembelihan atau membatasi ruang kerja dengan denah yang compact
  7. Standart APD lengkap
  8. Mesin dan alat pendukung
  9. Denah / ruang shelter penyembelihan dan pengelolaan daging kambing

Pada sesi Tanya jawab, peserta cukup interaktif dalam bertanya seputar pedoman pemotongan hewan kurban. Semoga kelas online ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat pada umumnya untuk menjadi pedoman pelaksanaan kurban di tengah pandemi Covid-19.


#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
#BAZNAS
www.baznas.go.id
www.lppm.baznas.go.id
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI)

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id