logo

Copyright ©2018 BAZNAS


Galang Donasi 1 Milliar, GOJEK, KitaBisa.com dan BAZNAS Berkolaborasi untuk Restrukturisasi Palu dan Donggala

GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia bersama mitra dan konsumen membantu upaya restrukturisasi Palu dan Donggala pasca gempa dan tsunami. Berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) serta platform penggalang dana donasi KitaBisa.com, GOJEK mengajak para penggunanya untuk berdonasi secara online. Tak hanya itu, Para pengguna KitaBisa.com juga memanfaatkan GO-PAY sebagai sarana pembayaran donasi non-tunai.

Selama 30 hari penggalangan dana yang digelar yakni dari 29 September hingga 28 Oktober 2018, donasi yang terkumpul mencapai Rp 1.086.594.332. Dalam periode yang cukup singkat tersebut, jumlah donatur mencapai lebih dari 13 ribu #OrangBaik dengan lebih dari 70% diantaranya menyalurkan donasi mereka melalui sarana pembayaran non-tunai GO-PAY pada aplikasi GOJEK.

Chief of Corporate Communications GOJEK Nila Marita yang hadir dalam acara konferensi pers Pengumuman Donasi mengatakan “Bencana gempa bumi dan tsunami yang menimpa saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia, termasuk kami. Ekosistem kami di Palu juga terdampak akibat bencana ini. Guna meringankan beban mereka, kami dari GOJEK langsung bergerak cepat, mulai dari mengirimkan bantuan cepat tanggap serta berkolaborasi dengan BAZNAS dan KitaBisa.com untuk menampung donasi yang diberikan oleh pengguna GOJEK dan masyarakat Indonesia.”

Selama masa tanggap darurat, GOJEK melalui tim operasional di Makassar mengirimkan paket bantuan seberat 30 ton. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, selimut, terpal dan perlengkapan bayi. Sedangkan untuk mitra yang terdampak di Makassar, GOJEK juga memberikan bantuan berupa paket sembako.

Lebih lanjut, Nila memaparkan pengguna GOJEK dan masyarakat Indonesia juga sangat peduli membantu masyarakat yang terdampak bencana. “Dengan kolaborasi bersama KitaBisa.com dan BAZNAS ada kemudahan donasi secara online. Masyarakat bisa berdonasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Salah satu yang menarik bagi kami adalah bagaimana GO-PAY dimanfaatkan sebagai metode pembayaran non-tunai. Dengan GO-PAY, tidak ada batasan nominal dalam berdonasi dan mereka bisa langsung melakukan pembayaran hanya dengan beberapa klik saja,” kata Nila.

Untuk mendorong masyarakat melakukan donasi, GOJEK memanfaatkan berbagai aset komunikasinya termasuk shuffle card pada aplikasi, media sosial serta newsletter GOJEK.

Dalam kesempatan yang sama, Arifin Purwakananta - Deputi BAZNAS mengapresiasi langkah GOJEK dan KitaBisa.com yang menawarkan kemudahan masyarakat dalam berdonasi. “Kami di BAZNAS selalu mencari cara baru untuk mempermudah masyarakat berdonasi, terlebih dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Palu dan Donggala. Kerja sama ini juga sejalan dengan misi BAZNAS untuk membangun kembali Palu dan Donggala pasca gempa,” ungkapnya.

Bantuan yang terkumpul dari platform KitaBisa.com, akan dimanfaatkan oleh BAZNAS untuk membangun hunian sementara (Huntara) bagi para korban gempa yang kehilangan tempat tinggal. “Akibat gempa dan tsunami, banyak saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah yang kehilangan tempat tinggal mereka, pembangunan Huntara ini sangat penting untuk membantu mereka supaya bisa beraktivitas secara normal,” tambah Arifin.

Sementara itu, Alfatih Timur CEO KitaBisa.com menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara pihaknya, GOJEK dan BAZNAS. “Inisiatif yang kami lakukan bersama GOJEK dan BAZNAS disambut positif oleh masyarakat. Sebagai platform donasi, kami berupaya untuk menyediakan kemudahan bagi masyarakat untuk berdonasi kapan saja secara online untuk beragam tujuan sosial, personal, dan kreatif. Melalui pilihan metode donasi lewat GO-PAY tanpa adanya batasan nominal, kami percaya ini bisa membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk ikut berdonasi lewat platform kami,” kata Alfatih.

Tak hanya datang dari konsumen, kepedulian terhadap korban bencana alam di Palu dan Donggala juga ditunjukkan oleh para mitra driver GOJEK di berbagai kota. Mereka secara swadaya menggalang dana untuk membantu proses pemulihan para korban bencana. Dana donasi yang dikumpulkan oleh mitra driver GOJEK di seluruh Indonesia mencapai lebih dari Rp300 juta, yang disalurkan langsung lewat lembaga-lembaga donasi terpercaya termasuk pemerintah kota setempat. Bahkan, ada beberapa komunitas driver yang menyalurkan sumbangannya melalui kampanye kerjasama Kitabisa, BAZNAS dengan GOJEK.

“GOJEK selalu bangga dengan para mitra driver kami yang berjiwa sosial tinggi dan selalu memiliki inisiatif untuk membantu dan peduli terhadap sesama, termasuk korban bencana di Palu dan Donggala. Kami melihat mitra kami selalu sigap tanpa pamrih untuk membantu pemulihan korban bencana. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi memberikan dampak sosial bagi masyarakat terutama mitra-mitra driver kami,” tutup Nila. (*)

ZAKAT SEKARANG