Tambah Nilai Pendapatan, Petani Binaan BAZNAS Lakukan Panen Jagung Manis Organik

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 30/12/2022
  • Bagikan :

Tambah Nilai Pendapatan, Petani Binaan BAZNAS Lakukan Panen Jagung Manis Organik


Petani Binaan Badan Amil Zakat Nasional melakukan panen jagung manis organik, hal ini juga dilakukan untuk menambah nilai pendapatan selain dari budidaya padi organik yang sedang dilaksanakannya. 

Kegiatan panen jagung manis dilakukan di lahan seluas 0,2 ha milik Pak Engkus. Selain petani beliau juga sebagai ketua Kelompok Tani Berkah Tani dengan lokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Mekanisme pemanenan jagung manis sistem pertanian organik ini tentunya tidak berbeda jauh dengan sistem panen pada umumnya yaitu secara manual dengan menggunakan tangan dan dilakukan pemilahan hasil jagungnya sesuai grade dan permintaan pasar. 

Hasil yang didapatkan dari produksi jagung manis pada luasan 0.2 ha adalah 675 kg dengan harga pasar saat ini hanya Rp. 2000/kg, sehingga menghasilkan nilai pendapatan Rp. 1.350.000 dan biaya produksi Rp. 840.000 serta R/C 1,6. Secara kelayakan budidaya jagung manis yang dilaksanakan tidak mengalami kerugian namun bisa dikembangkan. 

"Tentunya rasa syukur kepada Allah SWT, di mana dengan metode budidaya jagung organik ini tentunya bisa menghasilkan produksi jagung cukup baik dan optimal. Biaya murah, pupuk mudah didapat serta mampu menjaga kualitas tanah yang sehat," tutur Pak Engkus.

BAYAR ZAKAT