Petani Binaan BAZNAS di Sukabumi Optimalkan Pengolahan Lahan

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 21/11/2022
  • Bagikan :

Petani Binaan BAZNAS di Sukabumi Optimalkan Pengolahan Lahan


Petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan kembali aktivitas setiap musimnya dalam mengoptimalkan budidaya padi organik. 

Kegiatan pengolahan lahan dilakukan pada salah satu petani yang tergabung di Kelompok Tani Berkah Tani yang Berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sebut saja pak Engkus (52 tahun). 

Saat ini beliau melakukan budidaya padi organik pada luas lahan 0.64 ha dengan total nya 1 ha namun sisa sudah ditanam jagung sementara sampai irigasi normal kembali.

Dalam pengolahan lahan sawahnya, melibatkan beberapa angggota petaninya mulai dari pembersihan pematang, pembajakan serta perapihan pematang. 

Mekanisme pengolahan lahan ini tentunya  dalam pertanian organik  memerlukan quality kontrol terutama pada saat mesin traktor mulai bekerja diantara pengecekan nya yaitu oli yang tidak bocor, dan solar agar tidak mencemari lahan sawah.

Adapun proses waktu pengolahan  dapat menghabiskan 1-3 hari tergantung kondisi tanah, air dan usia bibit padi sehingga akan berpengaruh pada laku kecepatan dalam proses pembajakan. Rencananya, varietas benih padi yang akan ditanam menggunakan varietas mapan atau beras putih. 

 

 

BAYAR ZAKAT