Petani Binaan BAZNAS Racik Pestisida Nabati Sebagai Inovasi Pencegahan Hama

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 03/11/2022
  • Bagikan :

Petani Binaan BAZNAS Racik Pestisida Nabati Sebagai Inovasi Pencegahan Hama


Petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan pembuatan pestisida nabati sebagai inovasi pencegahan hama sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman serta sebagai pencegahan atau pengusir hama dan penyakit tanaman jagung organik seperti ulat grayak, belalang dan penyakit busuk batang.

Kegiatan pembuatan ekstrak pestisida nabati ini dilakukan di Sekretariat Kelompok Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. 

Dalam prakteknya, pendamping mengajak Ketua Kelompok (Pak Engkus) untuk melibatkan beberapa anggota petaninya agar nantinya bisa diaplikasikan baik untuk tanaman jagung maupun padi organik. 

Mekanisme atau pembuatan pestisida nabati ini menggunakan bahan dari sereh dan bawang putih yang selanjutnya tahapan pembuatannya mulai dari mengiris sereh dan menumbuknya dengan menambahkan beberapa bawang putih.

Setelah ditumbuk halus tambahkan air secukupnya 0.5 -1 liter air, aduk rata kemudian saring ekstrak cairannya dan masukkan kedalam botol agar mudah untuk dibawanya. Adapun aplikasinya ke tanaman 10-12 tutup botol air mineral dicampurkan dengan 16 liter air atau satu tank yang akan di semprotkan ke tanaman mulai dari bawah daun hingga atas daun dengan waktu penyemprotan pada pagi hari atau sore hari. 

 

BAYAR ZAKAT