Petani Binaan BAZNAS Persiapkan Lahan Budi Daya Jagung Manis Organik

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 18/10/2022
  • Bagikan :

Petani Binaan BAZNAS Persiapkan Lahan Budi Daya Jagung Manis Organik


Demi memanfaatkan lahan dengan maksimal, salah satu petani binaan BAZNAS lakukan persiapan lahan guna untuk budi daya jagung manis organik. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui komoditas jagung manis selain padi organik

Kegiatan ini dilakukan Engkus, petani yang tergabung di Kelompok Tani Berkah Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Luas lahan yang dibudidayakan seluas 0.2 hektare.

Adapun varietas benih jagung yang nantinya ditanam adalah exotic dengan pertimbangan umur tidak terlalu lama serta hasil panen jagungnya cukup baik. 

Tentunya melihat kondisi irigasi air yang belum selesai tidak menyulitkan para mustahik untuk mengikhtiarkan lahannya dengan baik dan maksimal serta memiliki daya hasil untuk pendapatan sebagai petani. Rencana budidaya ini tentunya hanya sementara sambil menunggu kondisi irigasi membaik sebab tujuan utama dari lahan yang dibudayakan tentunya ingin memaksimalkan penanaman budidaya padi organik.

Harapannya dengan dimanfaatkan lahan untuk budidaya jagung manis melalui sistem budidaya organik tentunya bukan hanya produksinya maksimal namun tetap mempertahankan kondisi tanah yang baik dengan pemberian pupuk organik secara berkelanjutan serta mampu berkomitmen menjaga lahannya sebagai lahan konversi. 

BAYAR ZAKAT