Petani Binaan BAZNAS Lakukan Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Padi Organik

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 27/10/2022
  • Bagikan :

Petani Binaan BAZNAS Lakukan Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Padi Organik


Petani Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang tergabung dala Kelompok Tani Berkah Tani di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, salah satunya Dudih ( 52 Tahun) melakukan pemeliharaan tanaman padi organik. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman melalui unsur hara yang cukup dengan pembuangan gulma yang berada di lahan sawahnya. 

Adapun luas lahan Dudih yang ditanami Padi organik seluas 0.25 Ha ini memilih varietas mekongga dengan usia tanaman baru 14 hari setelah tanam. 

Perkembangan tanaman padi organik dengan dimaksimalkan penggunaan pupuk organik padat tentunya mempengaruhi pertumbuhan tanaman  dan kondisi tanah salah satunya anakan padi yang mulai berkembang dari sistem tanam tunggal. 

Mekanisme dalam pemeliharaan yang dilakukan di antaranya dengan pembuangan gulma atau penyiangan secara manual menggunakan tangan, rencananya setelah kegiatan penyiangan akan dilakukan penyemprotan pupuk organik cair (MOL) namun kondisi lahan dikeringkan terlebih dahulu agar dapat diserap langsung oleh tanaman. 

BAYAR ZAKAT