Petani Binaan BAZNAS Kembali Lakukan Panen Pepaya Calina 

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 23/12/2022
  • Bagikan :

Petani Binaan BAZNAS Kembali Lakukan Panen Pepaya Calina 


Petani Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pak Hamdan (59) melakukan panen pepaya calina yang ke-9 kalinya dilahan miliknya di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang.

Panen yang ke-9 kali ini mendapatkan hasil 650kg, dengan harga masih diangka Rp. 3.000/kg, dari hasil sebelumnya cenderung menurun karena memang pasca kemarau 10 berturut-turut kondisi tanaman mengalami pertumbuhan tanaman yang kurang baik, ini menyebabkan kepada hasil panen.

Selain akibat kurangnya ketersediaan air, waktu panen pun dibuat lebih singkat yang awalnya 7 hari sekali menjadi 5 hari sekali sehingga hasil panen pun terjadi penurunan tiap kali panennya, namun jika di hitung rata-rata perbulan jumlahnya masih sama.

Pepaya yang dipanen langsung dibeli oleh tengkulak menggunakan pickup dan kemudian langsung dibawa ke Bogor. Menurut tengkulak, permintaan pepaya dipasar sangat tinggi apalagi menjelang tahun baru, maka petani jangan ragu-ragu untuk menanam.

Semoga hasil panen dan pertumbuhan tanaman pepaya milik petani binaan BAZNAS semakin meningkat sehingga kesejahteraan melalui lumbung pangan bisa tercapai.

BAYAR ZAKAT