Pendampingan Personal Petani Binaan BAZNAS dalam Monitoring Perkembangan Padi Organik

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 25/10/2022
  • Bagikan :

Pendampingan Personal di Petani Binaan BAZNAS Dalam Monitoring Perkembangan Padi Organik


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan pendampingan dan monitoring perkembangan padi organik mustahik binaan yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan anakan padi melalui metode SRI.

Kegiatan monitoring ini dilakukan di petani yang tergabung di Kelompok Tani  Berkah Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yaitu Pak Dadan (40 Tahun). Beliau merupakan satu dari diantara petani yang memiliki semangat tinggi, ulet juga banyak inovasi. 

Adapun luasan padi organik yang di tanam seluas 0.3 ha dan varietas yang ditanam yaitu mapan. Saat ini kondisi tanamannya sedang dalam proses pembungaan dan produktif dalam anakan padinya. 

Mekanisme monitoring yang dilakukan diantaranya hama yang menyerang, jumlah anakan serta warna daun padi. 

Adapun hasil dalam pengamatannya,  saat ini hama yang menyerang diantaranya penggerek batang namun tingkat serangan masih rendah, untuk jumlah anakan pada saat ini yang berumur 75 HST sudah menghasilkan anakan 25-30  anakan dari tanam tunggal dan yang terakhir yaitu warna daun yang tidak pekat hijaunya dan tidak menguning menandakan bahwa kondisi daun masih normal walaupun tidak pekat warnanya merupakan ciri khas dari pertanian padi organik sehingga akan berbeda antara warna daun padi konvensional dengan warna daun padi organik. 

BAYAR ZAKAT