Mustahik Binaan BAZNAS Lakukan Pembuatan Green House Hidroponik

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 07/11/2022
  • Bagikan :

Mustahik Binaan BAZNAS Lakukan Pembuatan Green House Hidroponik


Mustahik Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang tergabung dalam koperasi Lumbung Pangan Lampung Tengah melakukan pembuatan green house hidroponik. 

Green house menjadi hal yang wajib apabila hendak membuat instalasi hidroponik. Fungsinya untuk menahan air hujan agar tidak mengganggu nutrisi terlarut dan menghindari serangan hama. Hidroponik menghasilkan nilai jual produk yang lebih tinggi dibandingkan tanaman konvensional. Biaya penyusutan instalasi relative kecil dengan ketahanan yang cukup panjang dan produktifitas yang optimal. Pengerjaan green house dilakukan di Kampung Pujobasuki dusun 3 di kediaman Hendra, salah satu mustahik. Pengerjaan dilakukan oleh tenaga tukang ahli dengan dibantu beberapa tenaga tambahan. Sehingga pengerjaan dapat terlaksana lebih cepat.

Mustahik binaan BAZNAS ikut membantu dalam pengerjaan green house. Diantaranya Sumarso, Sukamto, Hendra dan Aziz. Pembuatan green house diperkirakan menggunakan keuangan koperasi senilai 5 juta rupiah. Pembuatan instalasi menggunakan jumlah lubang tanam yang belum banyak. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mustahik terkait alur budidaya hidroponik. Apabila evaluasi budidaya menunjukkan hasil yang positif maka jumlah lubang tanam akan ditambah secara bertahap.

BAYAR ZAKAT