Kelompok Tani Binaan BAZNAS di Serang Kembangkan Bisnis Bibit Pepaya

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 02/03/2023
  • Bagikan :

Kelompok Tani Binaan BAZNAS di Serang Kembangkan Bisnis Bibit Pepaya


Kelompok Rancang Layung binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Desa Cirangkong, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang yang telah berhasil membudidayakan sekitar 8.100 pohon di lahan seluas 2,025 Ha. 

Panen pepaya dilakukan 4 kali dalam setiap bulannya. Berdasarkan data panen Januari 2023, total panen sepanjang minggu pertama sampai minggu ketiga Januari 2023 adalah sebanyak 15,60 ton atau setara dengan 13.000 butir pepaya. 

Produktivitas pepaya Lumbung Pangan Serang adalah sebanyak 2,5 ton per ha setiap panen. Nilai produktivitas tersebut sudah mencapai acuan Kementerian Pertanian RI yang menyatakan bahwa setiap hektar lahan papaya California menghasilkan 2 ton pepaya setiap kali panen.

Produksi papaya tersebut berdampak signifikan bagi petani. Salah satu contoh nya adalah Bapak Hamdan. Pada Januari 2023, beliau mendapatkan pendapatan senilai Rp14.400.000.  Kemudian Bapak Hadimi dan Bapak Ukel yang memperoleh pendapatan di atas Rp5000.000. Sebelumnya rata-rata pendapatan para petani di bawah Rp2.500.000. Jadi dengan budidaya pepaya california, pendapatan petani dapat meningkat 2-7 kali dari pendapatan awal.

Menjaga keberlangsungan tanaman tentunya menjadi bagian dari program Lumbung Pangan BAZNAS dengan memperbanyak bibit tanaman pepaya sehingga produksi dapat terus berlangsung karena tanaman yang sudah mencapai puncak produksi dapat disusulkan dengan bibit baru yang nantinya akan menggantikan tanaman lama dan seterusnya.

Kelompok Ranca Layung yang sudah mahir melakukan pembibitan dan sudah menghasilkan 4.000 bibit berkualitas. Rencananya, bibit tersebut akan dijual secara online dan offline dengan harga Rp3.500 per polybag bibit.

Tentunya masih ada beberapa petani yang perlu disupport agar produktivitas pepaya di atas standar. Penerapan SOP budidaya tanam papaya dan pendampingan  menjadi kunci kesuksesan budidaya. Selain itu, kelompok ini karena dapat menjaga dinamisasi kelompok dan memperluas jaringan. 

 

BAYAR ZAKAT