Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Penanaman Jagung Hibrida

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 24/01/2023
  • Bagikan :

Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Penanaman Jagung Hibrida


Kelompok tani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang tergabung dalam Kelompok Tani Mentari Pagi Darussyifa yang berasa di Desa Mulyajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, melakukan penanaman jagung hibrida secara bertahap, Selasa (24/1/2023) 

Hari ketiga setelah penanaman perdana masih terlihat petani melakukan penanaman di lahannya masing-masing. Minggu ini ditargetkan penanaman selesai untuk yang tahap pertama. Setelah selesai tanam petani yang masih kurang dalam luasan lahan akan melakukan pengolahan lahan kembali sehingga luasannya bisa terpenuhi sesuai target. Patokannya saat ini diambil dari jumlah benih yang ditanam petani.

Ditargetkan petani minimal menanam dengan total benih 16 kg per hektarnya. Jika dirubah ke luasan berarti per kg benih akan ditanam di lahan seluas 625 m2. Jika berpatokan ke luas lahan ada beberapa lahan petani yang didalamnya terdapat pohon atau bekas pohon aren, artinya walaupun luasan 1 hektar belum tentu jagung yang ditanam seluas itu, jadi patokannya dilihat dari jumlah benih yang digunakan.

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada hasil produksi jagung hibrida nantinya jika jumlah benih yang ditanam tidak sesuai dengan target. Prosedur seperti ini dilakukan agar nantinya petani tidak saling menyalahkan terkait hasil panen, salah satu faktor kurangnya benih yang ditanam akan berdampak pada hasil panen selain adanya serangan hama dan penyakit. Maka dari itu kelompok tani mengantisipasi sejak awal.

Prosedur lainnya petani tidak diberikan benih secara langsung 16 kg namun bertahap, jika benih habis maka kemasan benih harus dikembalikan lagi ke pengurus kelompok dan bisa mengambil benih baru untuk ditanam. Hal ini meminimalisir kecurangan dalam penanaman atau benih dijual kembali ke kios jika kemasan baru. Pengontrolan juga terus dilakukan oleh pendamping, pengurus kelompok dan pihak terkait supaya petani tidak membuang benih serta melakukan penanaman sesuai SOP. Semoga penanaman berjalan lancar dan sesuai perencanaan. 

BAYAR ZAKAT