Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Panen Padi Organik

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 26/10/2022
  • Bagikan :

Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Panen Padi Organik


Petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang tergabung dalam kelompok Tani Berkah Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat melakukan panen padi organik, Rabu (26/10).

Dalam kegiatan panen ini, varietas yang di tanam yaitu mekongga dengan luasan lahannya 0.4 ha. Untuk memaksimalkan efisiensi biaya, pemanenan dilakukan oleh beliau dengan dibantu oleh anggota keluarga. 

Selain itu, panen ini juga bertujuan untuk menghasilkan produksi gabah yang berkualitas serta kemurniannya dalam pertanian padi organik.

Adapun hasil yang didapat dalam panen padi organik di musim tanam kedua ini cukup baik dimana tingkat penerapan seperti penambahan unsur hara dalam perbaikan tanah, pupuk berimbang melalui penggunaan pupuk padat maupun cair secara berkala serta pengamatan pertumbuhan secara berkala yang tentunya menjadi indikator dalam menghasilkan produksi gabah yang maksimal. Produksi gabah sebelumnya cukup drastis yaitu hanya 1280 kg namun pada musim sekarang naik menjadi 2200 kg dengan harga gabah 5500 kg/ gabah kering panen. 

Mekanisme dalam penjualan gabah, biasanya petani langsung dijual tanpa melakukan pengeringan terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengurangi biaya panen.

"Alhamdulillah walaupun perlahan, padi organik saya sekarang sudah mulai ada peningkatan kembali hasil produksinya, tentunya butuh ketekunan dan semangat tinggi. Tentunya berdoa kepada Allah agar niat dan ikhtiar terutama dalam budidaya padi bisa menghasilkan produksi dengan maksimal," tutur petani binaan BAZNAS Ojih ( 58 tahun).

 

BAYAR ZAKAT