Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Kembali Persiapan Lahan Budidaya Padi Organik

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 14/11/2022
  • Bagikan :

Kelompok Tani Binaan BAZNAS Lakukan Kembali Persiapan Lahan Budidaya Padi Organik


Kelompok Tani Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) lakukan kembali persiapan lahan dalam budidaya organik sesuai dengan SOP SNI 6729:2016 tentang pertanian organik.

Kegiatan ini dilakukan oleh petani yang tergabung di Kelompok Tani Berkah Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. 

Dalam pelaksanaannya Pak Ojih (58 tahun) yang saat ini masih memberdayakan lahannya seluas 0.4 ha masih kuat dan semangat dengan cangkulnya yang dibawa setiap hari ke sawah. 

Saat ini persiapan lahan yang dilakukan mulai dari  pembersihan pematang, pengcangkulan serta perawatan bibit padi yang sebelumnya sudah di semai. 

Rencananya, dalam budidaya padi organik pada musim tanam ke tiga ini akan menggunakan varietas padi mapan yang ciri khasnya ketinggian padinya cukup tinggi serta tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu metode atau pola tanam menggunakan jajar legowo dan tak lupa juga pemberlakuan manajemen air secara berkala sebagai kunci dalam metode tanam SRI dan organik. 

 

BAYAR ZAKAT