Kelompok Tani Binaan BAZNAS Kembangkan Budidaya Ubi Jalar Organik 

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 23/12/2022
  • Bagikan :

Kelompok Tani Binaan BAZNAS Kembangkan Budidaya Ubi Jalar Organik 


Kelompok Tani Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah melakukan pemeliharaan di komoditas ubi jalar melalui sistem budidaya pertanian organik di luasan lahan 0,2 ha dengan kepemilikan lahan yang di miliki oleh Pak Engkus, dimana beliau juga masih melakukan budidaya padi organik. 

Pemeliharaan dilakukan agar proses pertumbuhan tanamannya bisa maksimal terutama umbinya yang saat ini masuk fase pembuahan. Adapun lokasi lahan berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar,nKabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Mekanisme pemeliharaan  yang dilakukan selain penyiangan juga pemberian nutrisi melalui pupuk yang dibuat yaitu bodogol pisang dan serabut kelapa yang sudah di fermentasi dengan dosis 1:1liter dan disesuaikan usia tanaman. 

Saat ini rata rata usia tanaman ubi jalar sudah 90 hari setelah tanam, dimana sudah mendekati panen, namun diperlukan pengaturan air agar proses umbinya tidak busuk serta hasil nya lebih baik dengan harga yang cukup tinggi di pasaran dimana harga ubi jalar mampu bersaing dikisaran Rp. 3000-3500 per kg. 

BAYAR ZAKAT