BAZNAS Tingkatkan Produksi Pangan Sehat Lewat Melalui Pertanian Organik 

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 26/12/2022
  • Bagikan :

BAZNAS Tingkatkan Produksi Pangan Sehat Lewat Melalui Pertanian Organik 


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya meningkatkan produksi pangan sehat melalui penenaman padi organik yang dilakukan oleh kelompok tani binaan BAZNAS. 

Hal tersebut dilakukan oleh salah satu kelompok tani binaan BAZNAS yakni Kelompok Tani Berkah yang berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diantaranya Pak Ade yang memiliki luas lahannya 0.3 Ha. 

Kelompok tani binaan BAZNAS juga rutin memberikan nutrisi  bagi tanaman padi terutama pada fase vegetatif agar pertumbuhan nya maksimal.  Kegiatan pemeliharaan dilakukan di beberapa petani binaan BAZNAS yang tergabung di Kelompok Tani Berkah Tani. 

Saat ini usia tanaman padi yang dimiliki nya sudah  masuk 30 hari setelah tanam dan tentunya diperlukan tambahan penunjang baik pupuk organik padat maupun pupuk organik cair buatan sendiri seperti pupuk organik cair dari kohe domba, buah maja, keong mas dan yang lainnya. 

Mekanisme pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik padat  yang sudah difermentasi dengan dosisnya  1 - 1,2 ton. Aplikasi dilakukan dengan cara di taburkan dekat tanaman agar cepat diserap oleh tanaman, namun perlu di perhatikan terutama kondisi air yang tentunya sebaiknya dikeringkan dulu. 

Harapannya semoga pada fase pertumbuhan vegetatif ini tanaman mampu tumbuh optimal sampai fase generatif sehingga pada kegiatan panen bisa menghasilkan kualitas dan kuantitas lebih baik. 

BAYAR ZAKAT