BAZNAS Pastikan Tanaman Jagung Organik Mustahik Binaan Tumbuh Optimal

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 11/11/2022
  • Bagikan :

BAZNAS Pastikan Tanaman Jagung Organik Mustahik Binaan Tumbuh Optimal


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan pendampingan personal agar tanaman jagung organik mustahik binaan mendapatkan hasil yang baik dan tumbuh secara optimal. 

Kegiatan berlangsung di lahan salah satu petani Engkus (52 Tahun) sekaligus  sebagai ketua kelompok Tani Berkah Tani yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. 

Dalam luasan 0.2 ha yang dimiliki beliau, sementara  ditanami jagung organik  sambil menunggu irigasi lancar kembali dan akan bisa mengairi lahan sawah seperti sebelumnya dengan IP 300-400.

Kegiatan subsistem agribisnis dalam budidaya jagung tidak terlepas dengan kegiatan pemeliharaan diantaranya pemupukan susulan, penyiraman, penyemprotan pestisida Nabati dan penyiangan. Saat ini kegiatan pemeliharaan yang dilakukan salah satunya yaitu penyiangan di mana usianya sudah masuk 20 hari setelah tanam. 

Kegiatan penyiangan meliputi pembuangan gulma yang dilakukan secara manual menggunakan tangan. Dalam perkembangan pertumbuhannya tanaman jagung mayoritas tumbuh baik namun ada beberapa tanaman terkena ulat grayak yang menyerang pada daun.Namun pengendalian di pertanian organik selain pengambilan langsung hamanya dari daun juga pembersihan lahan secara berkala dengan membuang atau pembersihan gulma  sehingga tidak menjadi inangnya hama ulat grayak. 

BAYAR ZAKAT