BAZNAS Edukasi Saudagar ZMart Terkait Pencatatan Omzet Harian Usaha

  • Diposting oleh : Pengembangan Ekonomi
  • Tanggal : 26/10/2022
  • Bagikan :

BAZNAS Edukasi Saudagar ZMart Terkait Pencatatan Omzet Harian Usaha


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan pertemuan dengan saudagar ZMart yang bertempat di kediaman Edi kusmiadi tepatnya di Kp. Cipeureu 002/009 Desa. Cipta gumati Kecamatan. Cikalong wetan Kabupaten Bandung Barat. pertemuan kelompok ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok Saluyu yang berjumlah 10 orang saudagar.

Pencatatan omzet/pendapatan harian  penjualan barang dan rugi laba usaha menjadi materi utama pada pertemuan kelompok perdana ini yang mana pendamping program menjelaskan pentingnya pencatatan keuangan warung, untuk mengetahui seberapa besar keuntungan dari usaha yang di jalankan. selama berjualan kebanyakan saudagar belum memiliki pencatatan keuangan di warungnya padahal hal ini sangat penting untuk bisa menghitung dan meminimalisir kelebihan pengeluaran yang kadang tidak seimbang dengan pemasukan.

pendamping juga memberikan contoh laporan keuangan warung ZMart yang sudah berjalan dan terlaksana, dengan memberikan penjelasan mengenai apa itu omzet dari produk retail, non retail, dan PPOB, serta berapa persen keuntungan yang di dapatkan dari hasil penjualan produk tersebut.

Selain itu juga diskusi antar anggota kelompok terkait beberapa point' terkait kedisiplinan menjalankan program seperti denda bagi anggota yang mangkir dari kumpulan, infaq rutin setiap kumpulan, tabungan anggota, dan jadwal pengiriman laporan catatan harian usaha menjadi pembahasan yang telah disepakati bersama, dengan Harapan semoga setiap saudagar bisa konsisten mengikuti program dan bersunguh sungguh dalam berdagang agar hasil yang didapat bisa maksimal.

BAYAR ZAKAT