Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka Dapur Umum sebagai salah satu aksi pelayanan kemanusiaan bencana erupsi Gunung Semeru. Dapur Umum BAZNAS berada di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang juga menjadi pusat Pos Pelayanan Tanggap Bencana BAZNAS dan Pusat Logistik BAZNAS.

Sebanyak 1.000 porsi makanan disalurkan kepada warga terdampak erupsi yang mengungsi ke rumah kerabatnya di Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, pada Selasa (7/12).

"Dapur Makanan ini menjadi salah satu aksi layanan kemanusiaan yang disediakan BAZNAS di bencana erupsi Semeru ini. Dalam menyediakan makanan kepada korban bencana, kami memberdayakan ibu-ibu sekitar lokasi dapur umum," kata anggota tim BAZNAS Tanggap Bencana, Maulana Ardiansyah

Dia menambahkan, dalam penyaluran Dapur Makanan, BAZNAS berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti tokoh masyarakat dan kepala desa setempat. Tujuannya, agar penyaluran makanan terkoordinasi dengan baik dan para warga mendapatkan secara merata.

"Selain Dapur Makanan, kami masih terus melayani warga terdampak, mulai dari evakuasi, pelayanan kesehatan, dan layanan psikososial. Kami berharap dengan langkah-langkah ini bisa meringankan beban warga terdampak agar segera pulih," ucapnya.

Terkait