Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama TNI dan relawan terkait bahu membahu membuka akses jalan yang sempat terputus dampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/11).

Akibat erupsi, akses menuju jembatan Gladak Perak yang terletak di Kecamatan Candipuro tak bisa dilintasi karena banyaknya pohon bambu dan longsoran tanah yang menutupi jalan. Jalur yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang pun terputus.

"BAZNAS bersama TNI dan dibantu relawan lain membuka akses jalan menuju Jembatan Gladak Perak yang tertutup akibat erupsi. Selain pembukaan jalan, tim BAZNAS dan relawan lain terus melakukan pencarian korban bencana yang diduga masih tertimbun longsor," kata tim BAZNAS Tanggap Bencana, Ardhy.

Pada hari ketiga respons bencana, BAZNAS terus melakukan pelayanan kepada warga terdampak, seperti pelayanan kesehatan, pembagian masker, dan proses evakuasi empat jenazah.

Tim BAZNAS juga membantu proses evakuasi hewan ternak dan membantu proses perpindahan masyarakat yang masih berada di posisi rawan.

Terkait