Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerjunkan 10 personel respon banjir di Kalimantan Tengah, yang terdiri dari tim BAZNAS Tanggap Bencana Pusat, BAZNAS Kalimantan Tengah, dan relawan lokal. Tim telah melakukan respon sejak Sabtu (20/11) dan telah melakukan asesmen pada lokasi terdampak.

Pada Minggu (21/11), tim mendirikan dapur umum di Masjid Darul Rahman Desa Pantai Cemara Lambat 3 RT 05 RW 01 Kecamatan Pahandut, Kelurahan Pahandut Sebrang, Kalimantan Tengah. Dapur umum yang didirikan dapat memproduksi 540 paket makanan untuk para penyintas banjir, makanan didistribusikan kepada para penyintas di sekitar berdirinya dapur umum.

Harapannya dengan layanan dapur umum yang didirikan BAZNAS dapat membantu para penyintas memenuhi kebutuhan pangan dasar yang layak.

Sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kalimantan Tengah dan mengakibatkan banjir pada Sabtu (20/11), terdapat 6 kabupaten/kota yang terdampak banjir yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Katingan, Kotawaringin Timur, Kapuas, dan Barito Selatan. Banjir tersebut merendam 40 kecamatan, 177 desa/kelurahan, 33.530 keluarga, 96.015 jiwa, dan membuat 2.038 keluarga atau 6.449 jiwa mengungsi pada posko banjir.

Terkait