Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu pada Kamis (4/11) mengakibatkan enam titik lokasi di Kota Batu diterjang oleh banjir bandang sejak pukul 14.00 WIB. Banjir yang terjadi membawa lumpur dan material lainnya, sehingga mengakibatkan kerusakan yang cukup parah.

Enam lokasi tersebut antara lain, dua titik di Desa Bulukerto, sisanya di Desa Sidomulyo, Desa Sumberbrantas, Desa Punten, dan di Desa Tulungrejo. Sampai saat ini dampak kerusakan/kerugian maupun korban jiwa masih dalam pendataan.

Hingga Minggu (7/11) pada hari ketiga respon, tim BAZNAS Tanggap Bencana dan para relawan lokal mendirikan dapur air dan masih melakukan aksi resik membersihkan sisa lumpur dan material yang terbawa oleh banjir bandang di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

(Aksi Resik tim BAZNAS Tanggap Bencana beserta para relawan lokal dan tim gabungan SAR lainnya)

Dalam kondisi sisa lumpur yang masih menghalangi akses jalan, tentunya sulit menjangkau layanan kesehatan terdekat, BAZNAS melalui Tim Rumah Sehat BAZNAS Sidoarjo mendirikan layanan kesehatan. Layanan kesehatan yang didirikan melayani 30 pasien dalam sehari.

(Pelayanan Kesehatan untuk para korban penyintas banjir bandang Batu, Malang)

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPBD hingga Minggu (7/11), 35 rumah warga rusak, 89 kepala keluarga terdampak, 7 orang meninggal dunia, dan 6 orang luka-luka.

BAZNAS melalui BAZNAS Tanggap Bencana dan Rumah Sehat BAZNAS terus mendampingi para penyintas banjir, untuk membantu memulihkan kondisi lokasi dan korban terdampak dari banjir bandang Batu, Jawa Timur.

Terkait