Elsya Najmi Dzia Ulhaq, siswi Sekolah Cendekia BAZNAS asal Bogor, Jawa Barat, berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi penghafal Al-Quran. Siswi yang periang dan murah senyum ini awalnya tidak yakin bisa menjalaninya, namun berkat semangat dan tekad yang kuat, perlahan dia berhasil menggapainya.

Elsya, sapaan akrabnya, memang tidak asing dengan Al-Quran. Sedari usia 5 tahun dia sudah akrab dengan murattal dari qori Muhammad Toha yang senantiasa ayah dan ibu putar di rumah. Hal ini yang menjadi awal jatuh cinta dan ketertarikannya pada Qur’an.

“Sejak kecil saya senantiasa diperdengarkan murattal al-Quran, hingga pernah dulu dalam sebuah kegiatan diminta mengaji murattal di depan Sandra Dewi di Masjid Raya Bogor," kata Elsya.

Intensitasnya dalam menghafal dan mendengakan Al-Quran, menjadi modal untuk lebih cepat dalam menghafal, sehingga kini ia mampu menghafal 4-6 halaman Al-Quran setiap hari di Sekolah Cendekia BAZNAS, di tengah padatnya agenda sekolah dan asrama.

“Saya senantiasa menghibahkan waktu untuk menghafal, tidak boleh mengobrol dan malas di waktu tertentu. Meskipun memang banyak godaan dalam prosesnya. Saya senantiasa berusaha istiqomah di bada subuh sampai jam 6, bada shalat ashar sampai jam 4 dan setelah shalat maghrib sampai adzan Isya. Waktu-waktu khusus tersebut yang selalu saya maksimalkan untuk menghafal, kata Elsya.

Perjuangan Elsya dalam menghafal Al-Quran tidak selalu mulus, dengan sifat periang dan bawel membuatnya terkadang heran dengan dirinya sendiri, ia khawatir bahwa sifatnya berbanding terbalik dengan kebanyakan penghafal Al-Quran lain.

“Pernah insecure sebenarnya, meskipun tidak ada yang berkomentar tapi diri ini sadar sendiri. Namun hal ini perlahan hilang dengan bantuan ustadz dan ustadzah di Sekolah Cendekia BAZNAS. ini menjadi tadzkirah bagi saya bahwa setiap insan memang memiliki kekurangan, dan saya ingin menjadikan al-Quran sebagai sahabat memperbaiki akhlak," katanya.

Selain hafal Al-Quran 30 Juz, Elsya juga telah menghafal 85 hadits dan 60 doa pilihan yang diajarkan oleh Sekolah Cendekia BAZNAS. Serta pernah meraih beberapa prestasi lain di tingkat nasioanal dan internasional. Ia pernah meraih Honorable Merit International Kangooro Matemathic Contest, Juara 1 Olimpiade IPS tingkat Kabupaten Bogor, dan dalam waktu dekat Elsya yang mengikuti Club Bahasa Inggris ini akan mengikuti olimpiade bahasa Inggris.

Terkait