Kelompok Tani Berkah binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah panen pisang tanduk sebanyak 34 tandan, dan menawarkannya kepada civitas Akademika Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) dengan harga Rp10 rb/kg. Pisang ini adalah hasil panen petani binaan lembaga program BAZNAS, Zakat Community Development (ZCD) yang harapannya bisa dijual dan disyiarkan oleh Koperasi Sekolah Cendekia BAZNAS .

Pisang tanduk salah satu jenis pisang yang harus diolah dahulu sebelum mengonsumsinya. Pisang tanduk bisa mulai dipanen usia 10 bulan dari awal tanam. Kelompok Tani Berkah Desa Cemplang binaan ZCD menanam pisang tanduk sebanyak 700 pohon di lahan garapan seluas 4.000 meter.

Bulan ini panen perdana pisang tanduk sebanyak 34 tandan Sabtu (24/7). Kegiatan panen dilaksanakan secara bersama-sama oleh anggota kelompok dengan pembagian tugas masing-masing. Ada bagian yang memilih pisang yang sudah tua dan layak panen, ada yang bertugas menebang pisang, ada juga yang pengangkutan pisang dari kebun ke tempat penyimpanan, serta penyortiran, dan ada yang memasarkan. Pisang yang sudah dipanen disimpan di rumah ketua kelompok. Selanjutnya disortir sesuai kualitas pisang, baik dari segi ukuran maupun tampilan luar pisang nya.

Hal yang penting adalah pemasaran. Oleh karena itu, sebelum masa panen, kelompok tani berusaha menjalin kerja sama kemitraan dengan beberapa lembaga untuk pemasaran hasil panen pisang tanduk. Salah satu mitra pemasaran pisang tanduk adalah Koperasi Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB). Sudah hampir setahun para petani Binaan ZCD menjalin kemitraan dengan koperasi Sekolah Cendekia Syariah. Petani menitipkan dengan harga murah sesuai dengan kualitas dan hasil pilah.

Pengurus Koperasi Sekolah Cendekia BAZNAS, Maya Nurindasari, menjelaskan bahwa koperasi Sekolah Cendekia BAZNAS membuka luas kemitraan khusunya untuk petani dan pedagang sekitar. Koperasi selalu siap menerima dan membatu petani untuk bisa syiar hasil panen.

“Koperasi menambahkan margin sesuai dengan harga pasar namun selalu diupayakan lebih murah dan terjangkau dari harga yang ada di pasar dan supermarket terdekat. Alhamdulillah, minat jual beli di koperasi cukup tinggi antar anggota. Harapan ke depannya produk ini bukan hanya bisa dipromosikan di anggota koperasi saja namun bisa menembus Market Online Koperasi," ujar Maya.

Harapan kelompok tani binaan ZCD ini adalah adanya kepastian pasar hasil panen pisang tanduk. Dengan adanya kepastian pasar ini, kelompok tani menjadi tambah semangat dalam merawat lahan pisang garapannya dan bisa menambah pendapatan anggota kelompok tani mustahik. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut dan berkembang di bidang lainnya untuk membantu menyejahterakan petani mustahik BAZNAS.

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id