Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong mengikuti presentasi dalam acara Kreativitas Inovasi Masyarakat (KRENOVA) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong di Aula Bappelitbangda, Kabupaten Parigi Moutong, Senin (29/11).

Sebelumnya, pada September 2021, Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong mengirim dua proposal inovasi untuk ikut serta dalam event ini dan keduanya masuk dalam nominasi serta berhasil melaju ke 6 besar, lalu masuk tahapan presentasi dan kunjungan lapangan.

Inovasi yang diajukan oleh Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong adalah pengolahan kelapa menjadi VCO dengan metode fermentasi anaerob dan inovasi makanan tambahan biskuit blondo. Kedua inovasi dipresentasikan langsung oleh Kepala Klinik Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong, dr. Kaslan di depan para panelis yang terdiri dari beberapa unsur pemerintahan Kabupaten Parigi Moutong dan Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Kedua inovasi ini sangat diapresiasi oleh para panelis, melihat potensi kelapa di daerah Kabupaten Parigi Moutong yang sangat besar dan belum dimanfaatkan dengan maksimal. Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan peran pemerintah daerah terhadap pelaku usaha kreatif yang telah dibina oleh Rumah Sehat BAZNAS, dalam hal ini kelompok binaan yang secara rutin memproduksi VCO serta biskuit Blondo untuk mendapatkan bantuan permodalan serta perizinan sehingga mampu menembus pasar daerah, nasional bahkan internasional serta mendaftarkan inovasi ini sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Pada hari kedua kegiatan ini, Selasa, (30/11) tim panelis langsung melakukan kunjungan lapangan, melihat proses pembuatan VCO dan biskuit Blondo di desa binaan Rumah Sehat BAZNAS yang berada di desa Siniu.

Tahap ini merupakan tahap terakhir sebelum dilakukan pengumuman hasil penilaian dari tim panelis. Semoga Inovasi Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong mendapatkan hasil yang terbaik. Salam sehat 


Terkait