Dibagian kedua tulisan ini, kami paparkan beberapa manfaat Menyusui ASI bagi bayi, ibu yang menyusui dan keluarga. Bagi bayi, utamanya dapat dijadikan bagian penting mengurangi resiko stunting. Melansir Emerald Insight, pemberian ASI diawali inisiasi pemberian ASI sejak kelahiran (inisiasi menyusu dini = IMD) dapat mengurangi resiko stunting.

Jika diuraikan Keajaiban manfaat ASI bagi bayi adalah (1) ASI mengandung faktor faktor pertumbuhan yang terdapat dalam ASI antara lain IGF-1, EGF, TGFa dan TGFb. Faktor pertumbuhan ini sangat penting bagi pertumbuhan bayi dan pada gilirannya jauh dari stunting, Perlu diketahui Indonesia memiliki data angka Stunting (kuntet/pendek) masih cukup tinggi sebesar 37,2% tahun 2013 (Tahun 2018 menjadi 30,8%), sementara target yang ditetapkan oleh WHO bahwa stunting satu negara maksimal adalah 20 persen. Dan kekhawatiran utama stunting ini adalah perkembangan kecerdasan yang tidak optimal.

Selain itu, (2) Dengan memberikan ASI pertama kali yang berwarna kuning atau disebut kolustrum dapat mencegah bayi kelak menjadi obes atau kekurangan gizi, (3) didalam ASI terdapat berbagai zat kekebalan tubuh bagi bayi. Jadi bayi yang diberikan ASI lebih kuat dan lebih sehat jarang sakit dibanding dengan bayi yang tidak diberi ASI atau tidak diberi ASI hingga lengkap, maka (4) Bayi ASI jarang diare dan sakit radang pernafasan, (5) Suhu ASI selalu tepat (didalam tubuh ibu) dan terjaga sterilitasnya, jelasya jauh dari bahaya keracunan susu atau efek buruk dot serta botol susu

Keajaiban lainnya adalah (6) Mencegah resiko kanker darah dan kanker getah bening, (7) Tidak ada ASI yang menimbulkan alergi bagi bayi, Sedangkan Susu Formula tak jarang menimbulkan alergi susu sapi, (8) Tidak ada keracunan ASI, Sedang susu formula pernah tersiar kabar terkontaminasi dengan bakteri dsb.

Juga (8) Dengan aktifitas menghisap ASI, bayi jauh dari resiko infeksi tenggorokan maupun infeksi telinga, (9) Mencegah penyakit kronis pada bayi jika kelak dewasa (Diabetes/Kencing manis, Jantung, Hipertensi).

Memberi efek psikologis positif bagi bayi, bayi akan tumbuh menjadi anak, remaja yang percaya diri, hormon dan sistem berfikirnya positif dan mudah di arahkan. mencegah kenakalan remaja dan menurunkan resiko skizofrenia alias kepribadian ganda dan menjauhkan resiko menjadi psikosis (gila) dan (10) Mengoptimalkan perkembangan motorik dan intelektual (kelak lebih cepat berjalan dan tingkat IQ yang lebih tinggi dibanding tanpa ASI)

Bagi Ibu yang memberikan ASI, maka si Ibu mendapat 13 manfaat luar biasa : (1) dengan cepat memberikan ASI melalui IMD si Ibu terhindar dari perdarahan berkepanjangan pasca melahirkan, Mencegah pengeroposan tulang pada ibu (2) Merangsang peremajaan kulit ibu, (3) Ibu cepat kembali berat badannya dari masa kehamilan, (4) Mempercepat pengembalian BB ke BB semula Memberi rasa dibutuhkan bagi ibu, ibu akan mempunyai percaya diri dan tanggung jawab dalam pembinaan anak.

Yang kelima mencegah terjadinya kanker kandung telur dan kanker payudara ibu, (6) (7) mempercepat pengecilan Rahim, (8) mengurangi anemia (kurang darah), (9) sebagai KB sementara, (10) mengurangi resiko kanker ovarium, (11) mengurangi resiko kanker payudara, (12) memberikan rasa dibutuhkan dan (13) mencegah pengkroposan tulang / osteoporosis

Dan manfaat ASI bagi keluarga ada 3 yaitu : (1) MENGHEMAT BIAYA (ASI gratis), Penghematan luarbiasa bagi keluarga dengan angka estimasi pembelian susu formula 500ribu hingga 3 juta perbulan perbayi, (2) membangun hubungan yang akrab dan harmonis dalam keluarga, sehingga keluarga mempunyai ketahanan keluarga tidak mudah pecah, saling peka, saling membantu dan membentuk mental tangguh dan solidaritas yang positif yang (3) Pada gilirannya membentuk anak pintar dan saleh/salehah

Dalam beberapa tahun terakhir di momentum Pekan ASI Sedunia menjadi Agenda Tahunan bagi Baznas khususnya Rumah Sehat Baznas membuat kampanye ASI di berbagai tempat di Indonesia tak urung telah ada Lokakarya ASI Nasional tahun 2017 yang menggandeng Dompat Dhuafa, Wanita Islam dan LAZ Zakat Sukses Depok, lalu kampanye sosialisasi ASI dari Aceh sampai papua di tahun 2018 ini baik dilingkungan binaan Klinik klinik Rumah Sehat Baznas se Indonesia (ada 6 : RSB Jakarta, RSB Yogya, RSB Sidoarjo, RSB Makassar, RSB Pangkal Pinang dan RSB Parigi Moutong) maupun yang bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat.

Di Aceh dengan relawan LKC Aceh, di Padang dengan Masjid Raya Sumatera Barat, di Kalteng, Banten dan Jember pernah dengan Japeti, di Jakarta dan Jabar dengan Wanita Islam dan Baitulmaal Pupuk Kujang, di Papua (Timika dan Asmat) dengan Baznas Timika dan Badan Kontak Majelis Taklim Timika, di Ambon dengan Divisi Gizi Unpatti, di Jogjakarta dan Jawa Timur dengan Pendamping PPKH, Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Fatayat NU, Baznas kalsel berkolaborasi dengan AIMI (Aliansi Ibu Menyusui Indonesia) dan banyak lagi.

Subhanalloh, sebenarnya salah satu solusi dari stunting telah diperintahkan di dalam AlQur’an yang diturunkan 14 abad yang lalu. Sebagai contoh betapa luar biasanya Air Susu Ibu yang perintah pemberiannya ada 6 tempat dalam alqur’an, ternyata dengan kemajuan iptek terbukti bahwa ASI mengandung Growth Faktor, mengutip laman resmi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), faktor pertumbuhan yang terdapat dalam ASI antara lain IGF-1, EGF, TGFa dan TGF-b. Faktor pertumbuhan ini sangat penting bagi pertumbuhan bayi dan pada gilirannya jauh dari stunting.

Belum manfaat yang sangat banyak bagi bayi, Ibu dan keluarga yang telah disebutkan diatas. Mari kita menjadi bagian dari gerakan kembali kepada ASI, mengingat dengan semakin gencar iklan susu formula dan aktifitas Ibu bekerja diluar maka semakin banyak yang meninggalkan kewajiban memberi ASI pada buah hati. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (QS Arrahman)

*)Penulis dr Mohamad Ridho, Kepala Program Rumah Sehat Baznas


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id