Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong bekerja sama dengan Pihak Puskesmas Siniu dan kader Desa Uevolo dan Desa Marantale, mengadakan kegiatan "Kelas Stunting" di Desa Uevolo dan Desa Marantale, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (15/2).

Kelas stunting Rumah Sehat BAZNAS merupakan satu kegiatan tim layanan luar ruang yang telah ditetapkan dan telah berjalan selama kurang lebih 3 bulan. Kegiatan ini ditujukan untuk memantau perbaikan masalah gizi pada balita berdasarkan hasil interpretasi status gizi melalui indeks Antropometri (tinggi badan/umur).

Kegiatan yang dilakukan dalan kelas stunting adalah:

1. Penyuluhan kesehatan tentang stunting & cara pencegahan yang dapat dilakukan (melalui media leaflet yang dibagikan). Penyuluhan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada orang tua tentang ilmu kesehatan khususnya di bidang gizi dan diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Intervensi kembali pengukuran tinggi badan dan panjang badan balita untuk meminimalisir kesalahan pengukuran yang terjadi saat posyandu berlangsung.

3. Melakukan penimbangan berat badan balita untuk melihat adanya peningkatan setelah diberikan vitamin dan kudapan lokal berupa biskuit blondo pada saat posyandu beberapa minggu sebelumnya .

4. Pemberian makanan tambahan balita dikhususkan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi guna menunjang kenaikan berat badan dan tinggi badan balita agar terlihat perubahan status gizi yang lebih baik.

Untuk Desa Uevolo, kelas stuntingnya dilaksanakan dengan mengunjungi rumah balita, karena adanya kedukaan di sana, sehingga masyarakat tidak bisa hadir langsung ke posyandu. Jumlah balita yang telah dilayani sebanyak 26 anak.


Salah satu ibu balita F (30) mengakui bahwa ada perubahan terhadap nafsu makan balitanya setelah diberikan vitamin dan biskuit blondo dengan frekuensi makan sehari meningkat jadi 2-3 kali untuk waktu siang hari. Padahal sebelumnya, sang anak harus dibujuk tiap waktunya makan. 

Kader KPM Desa Marantale Hikmah juga berterima kasih karena di masa pandemi saat ini, Rumah Sehat BAZNAS terus memberikan pelayanan yang baik kepada keluarga mustahik.

Program Stunting (Kelas Stunting) Layanan Luar Ruang Rumah Sehat BAZNAS, merupakan salah satu model/kegiatan pemanfaatan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) yang ditunaikan oleh para muzaki melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

 


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id