Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendorong pengembangan usaha para mustahik binaan yang diberdayakan dalam program peningkatan ekonomi Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS di Dusun Onggong Daya, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Sabtu, (4/12) mustahik yang tergabung dalam Kelompok Usaha Kembang Pisang ini dilakukan pendampingan oleh BAZNAS dan menerima penyaluran bantuan alat-alat penunjang produksi. Kelompok ini telah dilakukan pendampingan oleh BAZNAS sejak tahun 2018 dalam pengolahan produk turunan pisang .

Penyaluran alat-alat tersebut diantaranya,berupa 1 unit oven, 1 unit kompor, 1 unit etalase, 2 unit alat pengiris keripik, 11 unit wadah, dan 5 unit tempajan. Dengan adanya alat-alat tersebut, Kelompok sangat terbantu dalam proses produksinya.

Dalam kesehariannya, Kelompok Kembang Pisang ini memproduksi 2 jenis olahan pisang, yaitu Pistik (Pisang sale stik) dan Keripik Pisang Kribo (Kripik blonjong). Meskipun ditengah cuaca yang mendung, Mustahik Kelompok Kembang Pisang tetap bersemangat sebagai ikhtiar dalam usaha meningkatakan perekonomian

Dalam Produksi kali ini, Kelompok Kembang Pisang mengolah sebanyak 1.000 buah pisang untuk dibuat keripik pisang dengan 2 varian rasa, yaitu original dan manis. Untuk harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan ukuran kemasan dimulai dari harga Rp 1.000,00 hingga Rp 45.000,00 / Kg dan untuk keripik pisang dengan kemasan premium seharga Rp 10.000,00 / 150 gram. Sedangkan pisang sale harga per Kg sebesar Rp 60.000,00 . Adapun pisang sale dengan kemasan premium seharga Rp 15.000,00 / 250 gram.

Diharapkan dengan adanya alat-alat penunjang produksi dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan tetap menjaga kualitas produk.


Terkait