Dalam rangka perayaan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, masyarakat Desa Kahayya, Bulukumba, Sulawesi Selatan menggelar kegiatan syukuran Kopi Kahayya. Syukuran ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan di antaranya silaturahmi antar petani, songkabala, taklim syukur, lomba roasting kopi, pagelaran seni, launching ecoprint, pameran berbagai produk Desa Kahayya, dan berbagai kegiatan lain.

Masyarakat bergotong royong membawa makanan ke tempat wisata untuk dinikmati bersama-sama. Hal ini sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah karena tahun ini telah banyak dilimpahkan kopi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Kahayya.

Keesokan harinya pada Jumat (2/9), acara dilanjutkan dengan menggelar Lomba Roasting Kopi Tradisional, lomba ini diikuti oleh warga sekitar dan dihadiri puluhan warga serta melibatkan berbagai stakeholder, di antaranya, Komunitas Seikat Pemuda Kahayya, Sahabat ZCD, Owner Kampung Kopi Rumbia Jeneponto, Komunitas MJ Bulukumba dan Keluarga Besar Ondeway Indonesia dan berbagai komunitas serta UMKM lainnya di Desa Kahayya.

Dalam kegiatan roasting kopi ini warga diajarkan dan dikenalkan cara memilih dan memetik kopi yang baik dan benar serta bagaimana cara roasting kopi baik secara tradisional maupun modern. Setelah roasting selesai, dilanjutkan dengan proses cupping kopi untuk menentukan cita rasa kopi. Juri kegiatan roasting ini datang dari Kampung Kopi Rumbia Jeneponto dan Owner Ondeway Coffe Station yang selama ini menjadi mitra kopi kahayya dan Owner dari Istana Kopi Kahayya. Setelah kegiatan ini selesai, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang kopi.

Lalu pada sore hari dilanjutkan dengan pementasan rakyat dengan pertunjukan seni dan budaya dari masyarakat kahayya, Ibu-ibu Desa Kahayya melakukan pagelaran proses pengolahan kopi. Anak-anak menari tradisional, ada yang membaca puisi, dan beberapa menyanyikan sebuah lagu. Minggu pagi sebagai kegiatan penutup dilaksanakan aksi bakti sosial bersama dengan pengunjung Syukuran Kopi Kahayya.

Kegiatan ini digelar sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah dengan harapan masyarakat Desa Kahayya senantiasa bisa terus termotivasi untuk senantiasa menjalin hubungan silaturahmi antar warga serta terus bekerja keras untuk menghasilkan kopi terbaik dari Kahayya.

#BAZNASRI
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#GerakanCintaZakat
#ZakatCommunityDevelopment


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id