Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) berkolaborasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan pelayanan kesehatan ternak di Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (13/7).

Didampingi oleh Sahabat ZCD, drh. Rizka Ayuni dari Dinas Peternakan melakukan Pelayanan Kesehatan Cepat Tanggap kepada salah satu ternak yang sakit milik anggota Kelompok Ternak Sapi Beting Terpadu.

 

Salah satu anak sapi jantan milik anggota ternak yakni Wahyu Hidayat mengalami sakit yang mengakibatkan kesehatan ternak terganggu.

Melihat kondisi tersebut, drh. Rizka Ayuni sigap dalam lakukan pemeriksaan. Dalam pengecekan di kandang ternak, didapati anak sapi jantan Wahyu mengalami "Grass Tetani" atau biasanya dikenal sebagai kekurangan kalsium dan magnesium pada anak sapi. Sehingga anak sapi mengalami kejang otot pada bagian leher. Proses pengobatan pun dilakukan dengan pemberian obat sesuai dengan diagnosa yang dipaparkan.

Dalam pemberian obat ini, pengecekan dapat dilihat selama kurang lebih 2 hari apakah mengalami perubahan atau tidak. Dikarenakan sesuai dengan kasus-kasus yang pernah ditemukan keberhasilan anak sapi bisa bertahan hidup setelah terkena Grass Tetani sangat kecil. Akan tetapi Tim Medis Dinas Peternakan tetap akan memantau untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anak sapi milik Wahyu.

BAZNAS berharap dengan adanya kerjas ama ini, kesehatan ternak anggota kelompok mustahik dapat terus terjaga dan terpantau. Sehingga, mustahik tidak perlu panik dan khawatir jika ternaknya mengalami sakit, karena Tim Medis dari Dinas Peternakan akan selalu sigap dalam lakukan pelayanan.

Kelompok Ternak Sapi Beting Terpadu adalah kelompok ternak yang dibentuk di bawah binaan ZCD BAZNAS yang telah terbentuk sekitar 2 tahun 6 bulan yang beranggotakan 7 anggota. Dalam proses pemeliharaan selama ini telah banyak menunjukkan peningkatan dari perkembangbiakan hewan ternak, di awal penyaluran berjumlah 14 ekor induk sapi betina dan telah berhasil berkembang biak sebanyak 8 ekor anak sapi betina dan 7 anak sapi jantan.

Dalam proses pemeliharaan, masing-masing mustahik diberi tanggung jawab untuk memberikan pakan terbaik bagi ternak dan untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan pada ternak agar kualitas ternak terjamin.

#BAZNASRI
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#GerakanCintaZakat
#ZakatCommunityDevelopment


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id