Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) mengadakan koordinasi bulanan bersama BAZNAS Kabupaten Boyolali dan Yayasan SPEK-HAM Surakarta selaku mitra program, di Rumah Makan Kedai Mat Moen Boyolali, Jumat, (4/6).

Acara ini dihadiri tiga anggota Tim Yayasan SPEK-HAM Surakarta, dua anggota BAZNAS Kabupaten Boyolali, Sahabat ZCD, serta Dai ZCD. Koordinasi ini bertujuan membahas perkembangan program ZCD serta me-review kembali segala kegiatan yang sudah berjalan dan belum berjalan mengingat timeline program dijadwalkan terakhir pada bulan Juli 2021.

Diawali dengan pembukaan oleh Direktur Yayasan SPEK-HAM Surakarta Rahayu Purwaningsih, kemudian dilanjutkan pemaparan program oleh Sahabat ZCD, M. Taaruf Huda. Dalam kesempatan ini Sahabat ZCD menyampaikan progres kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu sejumlah enam kegiatan, dan sembilan kegiatan belum terlaksana. Adapun kendalanya yaitu pandemi Covid-19 yang sempat tinggi terjadi di Desa Cluntang dan wilayah Boyolali lainnya, sehingga berpengaruh kepada pelaksanaan kegiatan.

Selain itu kesibukan mustahik sebagai petani terutama pada masa tanam tembakau dan masa ruwah juga menyebabkan segala kegiatan sosial ditunda terlebih dahulu. Sehingga perlu perencanaan ulang yang diputuskan bersama untuk setiap kegiatan yang belum terlaksana.

Ketua BAZNAS Kabupaten Boyolali, Jamal Yazid mendorong agar segera melaksanakan kegiatan yang belum berjalan sesegera mungkin mengingat timeline program terakhir pada Bulan Juli 2021. Selain itu, Jamal juga menyampaikan untuk mempertajam data dari output kegiatan yang sudah berjalan sehingga jelas tingkat keberhasilan masing-masing kegiatan. Senada dengan Jamal, Rahayu menyampaikan perlunya melengkapi kebutuhan data terkait output kegiatan yang dilaksanakan sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bersama apakah kegiatan yang dilakukan perlu adanya tindak lanjut untuk program tahap selanjutnya atau tidak, selain itu untuk menilai apakah kelompok masih layak didampingi atau tidak.

Pemaparan selanjutnya dari Dai ZCD, Sholeh Santoso mengenai program kegiatan di bidang keagamaan. Dai ZCD menyampaikan telah menyelesaikan seluruh tiga program kegiatan keagamaan terutama di bidang TPQ. Adapun kegiatan yang belum selesai sepenuhnya yaitu aktivasi Majelis Taklim dan pelatihan pengelolaan TPQ karena secara timeline dilaksanakan pada bulan Juni-Juli. Mengenai pendampingan kepada TPQ, semua TPQ telah memperoleh izin operasional serta terdaftar di Kemenag Boyolali sehingga tiap TPQ berpotensi dapat mengakses support atau bantuan khususnya untuk TPQ di Desa Cluntang melalui anggaran yang tersedia di Kemenag.

Koordinasi ini ditutup dengan beberapa rekomendasi yang harus dilakukan yaitu membuat analisis masing-masing kelompok, mempertajam data untuk melihat output dari tiap-tiap kegiatan, melaksanakan kegiatan yang belum berjalan, melaksanakan rapat lanjutan untuk membahas pelaksanaan kegiatan yang belum berjalan pada 8 Juni 2021.

#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#ZakatCommunityDevelopment
#GerakanCintaZakat


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id