Aspek dakwah merupakan satu dari lima aspek yang dijunjung oleh lembaga program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS dalam melakukan program pemberdayaan untuk mustahik. Salah satu kegiatannya adalah dengan menggiatkan aktivitas TPQ.

Seperti halnya di Kampung Harapan Jaya, Distrik Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat yang menjadi salah satu titik Kampung Zakat Kementerian Agama RI yang diberdayakan oleh BAZNAS dan LAZ (Lembaga Amil Zakat). Pada Rabu (2/6), TPQ Al-Islam binaan ZCD BAZNAS melakukan aktivitas belajar mengajar yang diikuti sebanyak 78 santri.

Kegiatan pengajian ini dilakukan setiap Senin hingga Sabtu dengan pembagian waktu setiap pukul 10.30-11.30 WIT bagi santri usia PAUD dan SD kelas 1-2, untuk pukul 15.00-16.00 WIT untuk santri iqro kelas 3-6 SD, sedangkan pukul 16.00-17.00 WIT untuk santri Al-Qur'an.

Selama aktivitas di TPQ Al-Islam ini berlangsung, seluruh santri sangat antusias mengikuti pembelajaran. Kebermanfaatan juga dirasakan oleh para santri dengan meningkatnya ilmu dan pemahaman mereka dalam daya baca huruf al-Qur'an. Terbukti sebanyak 27 santri sudah bisa membaca Al-Qur'an dan 51 santri lainnya masih dalam tahap pembelajaran iqro.

Selain itu, untuk mendukung administrasi TPQ, Sahabat ZCD turut melakukan monitoring melalui kartu prestasi yang baru digunakan oleh santri untuk melihat sejauh mana perkembangan mengaji para santri.

Sebagai bentuk dukungan dalam pemutakhiran izin operasional TPQ yang memiliki badan hukum, Sahabat ZCD juga berperan langsung dalam menyiapkan beberapa persyaratan yang nantinya akan dilanjutkan untuk pengajuan legalitas ke pemerintah setempat. Adapun persyaratan yang sudah dikolektifkan yakni foto kegiatan TPQ, Bangunan, Logo TPQ dan administrasi lainnya. Selanjutnya, akan dilakukan penyusunan berkas persyaratan untuk pendaftaran TPQ Al-Islam ke kantor Kemenag Raja Ampat.

#BAZNASRI

#InovasiBerkaryaUntukUmat

#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat

#GerakanCintaZakat

#ZakatCommunityDevelopment


Terkait