Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Zakat Community Development (ZCD) melakukan pembinaan keagamaan di salah satu titik binaan di Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (13/3). Kegiatan ini merupakan program dakwah untuk mualaf yang tinggal di wilayah Desa tersebut. Pembinaan keagamaan merupakan kegiatan yang mengarahkan seseorang agar memiliki iman serta akhlak yang mulia.

Sahabat ZCD bersama Relawan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) memulai pertemuan dengan 24 mualaf, yang pembinaannya terbagi menjadi 11 mualaf dalam tahap belajar Iqro, dan 13 mualaf belajar membaca mushaf Al-Qur’an.

Kelas mualaf ini dibagi berdasarkan kelompok baca, sehingga memudahkan pembinaan dan pengukuran kemampuan. Dalam pembinaan ini selain memberikan ilmu cara membaca Al-Qur’an dengan baik, mualaf juga diberikan pembinaan terkait praktik salat yang benar.

Mualaf yang menjadi salah satu dari 8 asnaf di Desa Sindangjaya ini menjadi perhatian tersendiri untuk menerima Program Dakwah. Diperkuat dengan status ekonomi mayoritas mualaf yang masuk dalam katagori dhuafa.

Kesulitan ekonomi dan kurangnya pemahaman tentang Islam juga menyebabkan beberapa di antara mualaf rentan akan aqidah. Hal ini yang menimbulkan kepedulian BAZNAS untuk memfasilitasi dan mengajak para mualaf secara konsisten mendapatkan pembinaan secara rutin.

Untuk menarik para mualaf agar konsisten dalam Program Dakwah ZCD BAZNAS, Sahabat bersama Relawan IZI berinisiatif menyediakan buku Iqro sebagai sarana belajar baca Al-Qur’an, serta hadiah sebagai apresiasi bagi mualaf yang memiliki prestasi yang baik dalam program ini.

Dengan adanya Program Dakwah BAZNAS untuk mualaf di Desa Sindangjaya Cianjur diharapkan lebih banyak menarik minat mualaf untuk mengikuti pembinaan agama Islam, sehingga mampu melaksanakan ajaran-ajaran agama Islam dengan baik sempurna dan mencerminkan pada sikap serta tindakan dalam keseluruhan kehidupannya dalam rangka mencapai kebahagian hidup dunia dan akhirat.

 

#BAZNASRI

#ZakatCommunityDevelopment

#SemestaKebajikanZakat

#GerakanCintaZakat


Terkait