Seiring dengan banyaknya aktivitas masyarakat yang menyebabkan peningkatan jumlah volume pada sampah dan limbah, BAZNAS bersama BUMN PT Pertamina menciptakan kegiatan pengolahan sampah dengan nama 'Kelas Inspirasi Pengolahan Limbah dan Sampah'. Kegiatan ini dilakukan di Kampung Pegat Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Sabtu (6/3).

Kelas inspirasi ini merupakan salah satu alternatif pembelajaran untuk anak-anak dari kelas PKBM aktif di Paket B dan C. Kegiatan dimulai pada pukul 08.45 WIB dari keberangkatan tim BAZNAS ke pelabuhan Tanjung Redeb. kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Pimpinan BAZNAS Kabupaten Berau, Maria Yosephi S.Pdi; mentor dari Rumah BUMN Pertamina, Yozzie P. Avidar; dan Sahabat ZCD.

Kelas inspirasi pengolahan limbah dan sampah ini diikuti peserta PKBM sebanyak 18 orang. Peserta diminta untuk membawa limbah rumah tangga berupa botol kaca. Botol inilah yang kemudian diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Akhir kegiatan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

Dari Kegiatan kelas inspirasi pengolahan limbah dan sampah tersebut peserta PKBM berharap dapat menyerap ilmu dalam pemanfaatan kembali barang bekas, sehingga barang bekas terebut tidak kemudian langsung dibuang ke laut namun dapat dimanfaatkan menjadi cenderamata yang bernilai ekonomis.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait