Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program Zakat Community Development (ZCD) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Pangkalan Balai dan UPT Puskesmas Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, melaksanakan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pelayanan Kesehatan Mustahik pada Rabu (24/2/2021).

Kegiatan yang diadakan di Kantor Desa Pangkalan Balai ini dihadiri 50 orang yang terdiri dari mustahik, perangkat desa, serta masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya mustahik tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mengajak masyarakat untuk rutin mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas. Hal itu agar kesehatan masyarakat lebih terpantau serta memudahkan untuk mendapatkan pertolongan jika terjadi sesuatu hal.

Materi PHBS disampaikan langsung Ketua Bagian PHBS Puskesmas Kecamatan Pulau Merbau, Hendra Gunawan. Sedangkan poin-poin yang disampaikan yaitu (1) Persalinan yang ditangani oleh Bidan Desa, (2) Memberi ASI ekslusif, (3) Menimbang balita setiap bulan, (4) Menggunakan air bersih, (5) Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, (6) Menggunakan jamban sehat, (7) Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, (8) Makan buah dan sayur setiap hari, (9) Melakukan aktivitas fisik setiap hari, (10) Tidak merokok di dalam rumah.

Setelah pelatihan PHBS, selanjutnya dilaksanakan Pelayanan Kesehatan yang diikuti seluruh peserta, meliputi pengecekan tensi darah, kolestrol, dan kadar gula. Pemeriksaan ini merupakan rangkaian yang harus diikuti oleh peserta agar terdeteksi penyakit yang sedang dideritanya. Rata-rata keluhan yang disampaikan peserta di antaranya sering kesemutan, kram, batuk dan pilek yang berkepanjangan, dan gatal-gatal.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan bekal kepada mustahik dan masyarakat tentang pengetahuan bagaimana meningkatkan sikap atau perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

#BAZNASRI
#ZAkatCommunityDevelopment
#SemestaKebajikanZakat


Terkait