Masalah gizi saat ini baik yang kekurangan atau kelebihan gizi, dapat diminimalisir dengan pola makan dan pemenuhan makanan yang bergizi seimbang. Makanan seimbang dapat diartikan sebagai menu yang terdiri dari beragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga dapat memenuhi kebutuhan seseorang. Pengetahuan masyarakat tentang pemilihan makanan yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain ekonomi, sosial, budaya, dan kondisi kesehatan.

Melihat kondisi tersebut, Lembaga ZCD BAZNAS melalui Sahabat ZCD melaksanakan sosialisasi tentang makanan bergizi seimbang kepada para mustahik di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/2). Melalui sosialisasi dan penyampaian ini, sangat penting untuk membentuk suatu keseimbangan antara gaya hidup dan pola konsumsi mustahik, apalagi dalam kondisi Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sosialisasi diadakan di rumah salah satu mustahik dan dihadiri 48 orang mustahik yang terdiri dari masyarakat RT 01 dan RT 04 Desa Tamansari yang datang secara bergiliran. Selain sosialisasi makanan bergizi seimbang, pembagian bahan makanan berupa tempe dan beras juga dilakukan. Tempe yang merupakan sumber protein dan beras sumber karbohidrat sangat penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sahabat ZCD, Meydi Muldani mengatakan bahwa sosialisasi ini penting untuk meningkatkan pengetahuan para mustahik tentang makanan yang bergizi dan seimbang, guna mencapai status derajat kesehatan yang maksimal.

"Pembagian bahan makanan berupa beras dan tempe juga merupakan salah satu perhatian kami terhadap kebutuhan gizi para mustahik," lanjutnya.

#BAZNASRI

#ZakatCommunityDevelopment

#SemestaKebajikanZakat


Terkait