Kelompok Mustahik Al-Mubarok Jaya yang dibentuk Lembaga ZCD BAZNAS di Kampung Zakat Dusun Longserang Barat Selatan, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB, tetap aktif mengembangkan produk meski di tengah pandemi.

Kelompok ini tadinya hanya memproduksi kopi rasa original saja, namun Kelompok Al-Mubarok Jaya berinisiasi melakukan produksi kopi berbagai varian rasa, pada Senin (15/2). Varian rasanya yaitu rasa kopi jahe, rasa kopi rempah, dan rasa kopi susu jahe. Produksi dilakukan dari penggorengan, pengemasan, hingga pemasaran.

Proses produksi dilakukan 4 orang mustahik yang didampingi Sahabat ZCD. Mereka memproduksi 10 pcs kopi original seharga Rp13.000 per 100 gram, 10 pcs kopi jahe seharga Rp18.000 per 100 gram, dan 10 pcs kopi susu jahe seharga Rp20.000 100 gram. Kopi-kopi tersebut dipasarkan ke wilayah sekitar Desa Langko dan media online. Sampai saat ini dipesan sebnyak 15 pcs dengan varian kopi jahe 5 pcs, kopi susu jahe 5 pcs, dan original 5 pcs. Sehingga, total pendapatan mustahik sebesar Rp255.000.

Kelompok Mustahik Al-Mubarok Jaya beranggotakan guru honorer PAUD Al-Mubarok yang dibentuk pada tanggal 18 November 2020. Diharapkan dengan bergabungnya mereka ke dalam kelompok ekonomi ini, bisa membantu pendapatan mereka sehingga, dapat meningkatkan taraf perekonomian.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait